Home  |  Tentang Kami  |  Produk  |  CSR  |  Unit Usaha Syariah  |  Hubungan Investor  |  Fasilitas Lainnya

BTN News


2011, BTN Optimis Pengajuan KPR Naik

Sumber: Pikiran Rakyat, 21 Desember 2010
03/01/2011
Direktur Treasury Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk. Saut Perdede optimistis jumlah kredit perumahan akan tetap meningkat pada 2011 meski ada keharusan bagi calon nasabah untuk memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
 
Direktur Treasury Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk. Saut Perdede optimistis jumlah kredit perumahan akan tetap meningkat pada 2011 meski ada keharusan bagi calon nasabah untuk memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

"(NPWP) Itu bukan hambatan untuk penyerapan rumah bersubsidi yang didukung program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Ketimpangan yang terjadi saat ini justru pada persoalan permintaan dan penawaran," kata Saut di Jakarta, Minggu (19/12).

Masalah ketidakseimbangan permintaan dan penawaran muncul karena FLPP baru diterbitkan pada Oktober 2010 sehingga pengembang belum siap menyediakan perumahan bersubsidi.

"Memang, untuk penyediaan rumah, kita selalu kekurangan. Per tahun yang tersedia hanya 300-400.000 unit, tapi peminatnya jutaan," ujarnya.

Untuk itu, tahun 2011, BTN menargetkan, pertumbuhan kredit 25-30 persen pada 2011. Caranya, BTN akan menfokuskan diri di kredit subsidi melalui dukungan FLPP dari pemerintah dan kredit komersial.

Dia mengakui, ada penurunan untuk penyerapan kredit perumahan bersubsidi pada 2010 dibandingkan dengan 2009 karena kredit komersial masih lebih tinggi daripada kredit bersubsidi, dengan jumlah kredit komersial di atas 30 persen dan kredit subsidi di bawah 30 persen.

Akan tetapi, menurut dia, pada 2011, dengan pengembang yang sudah lebih familiar dan anggaran pemerintah yang lebih besar serta permintaan yang terus meningkat, kredit bersubsidi ini akan bisa ditingkatkan menjadi 100.000 unit.
Sementara untuk dana pihak ketiga, BTN menargetkan pertumbuhan di atas 30 persen. "Ini karena kita ingin menangkap kesempatan di kredit perumahan," ujar Saut.

Direktur Konsumer BTN Irman A. Zahiruddin mengatakan, untuk meningkatkan kinerja di bidang pendanaan, BTN meluncurkan beberapa produk baru tabungan. "Sekarang ada tiga tabungan baru, yakni BTN Junior, BTN Juara, dan Tabungan Haji. Tahun 2011 akan ada lagi produk baru yang akan kita luncurkan," katanya.

Khusus Tabungan Junior, menurut Irman, produk ini sebetulnya merupakan peluncuran ulang dari produk BTN Batara Junior. Ini bertujuan agar anak-anak gemar menabung. (A-78)***

<< Back
Copyright © 2013 PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., All Rights Reserved
Menara Bank BTN, Jl. Gajah Mada No. 1, Jakarta 10130