Home  |  Tentang Kami  |  Produk  |  CSR  |  Unit Usaha Syariah  |  Hubungan Investor  |  Fasilitas Lainnya

BTN News


Animo Lakukan Tata Kelola Sampah Meningkat

Sumber: Republika
02/12/2009
Sekarang sampah benar-benar telah menjadi bagian penting bagi kehidupan manusia dan langsung berkait dengan pelestarian lingkungan. Sebab bila masyarakat tak benar dalam mengelola sampah, maka percepatan kerusakan lingkungan pun berlangsung menakutkan. Demikian pula, bila manusia tak memiliki kesadaran melestarikan lingkungan, maka kegiatan pengelolaan sampah pun dipastikan berlangsung sangat buruk.
 
Karenanya sangat perlu terus dikembangkan program pelatihan pengelolaan sampah dan lingkungan hidup untuk masyarakat luas. Semangat itulah yang kini terus digelorakan Bank BTN. Salah satunya adalah menjalankan program BTN Green Community. Program itu diselenggarakan BTN bekerja sama dengan Republika dengan kawasan pertama adalah Villa Bogor Indah (VBI), Bogor, Jawa Barat.

Pada pelaksanaan BTN Green Comunity, BTN dan Republika antara lain melaksanakan pelatihan BTN Green Community untuk warga perumahan tersebut dan masyarakat sekeliling Villa Bogor Indah. Pelatihan diselenggarakan di Kantor BTN Cabang Bogor pada 23 November 2009 lalu.

Ini merupakan kelanjutan dari pelatihan serupa yang awalnya hanya ditujukan untuk warga VBI yang diselenggarakan sejak bulan Juni 2009 lalu. Mendengar adanya pelatihan tersebut, maka masyarakat di luar VBI pun meminta untuk diadakan kembali pelatihan BTN Green Community tersebut.

Meskipun awalnya pelatihan ini ditujukan untuk warga VBI dan masyarakat sekitarnya, dalam pelatihan kedua ini peserta justru banyak pula yang hadir dari luar kota Bogor, seperti diantaranya dari Bekasi, Jakarta,
bahkan dari luar Jabotabek.

Pada pelatihan 23 November itu sekaligus diberikan apresiasi kepada RT dan warga yang sudah menjalankan kegiatan berwawasan lingkungan setelah mengikuti pelatihan yang diselenggarakan sebelumnya.

Untuk terus mengembangkan kesadaran warga atas tata kelola lingkungan yang benar, maka dalam pelatihan kedua ini peserta mendapatkan materi mengenai, pengenalan jenis sampah, pengolahan sampah organik (Kompos), kreasi sampah kering, serta materi pengenalan dan pemanfaatan lubang Resapan Biopori.

Kepala Cabang Bank BTN Bogor, Turkhon Maulawy mengatakan, BTN bangga dapat menjadi inspirator untuk program tersebut. Karena memang inilah salah satu program sosial perusahaan (corporate social responsibility) BTN yang perlu terus digulirkan.

"Melalui program CSR ini jelas berarti BTN berperan aktif meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Karena memang telah diputuskan adanya kebijakan BTN dalam menjalankan program CSR di lima bidang, yaitu pendidikan, keagamaan, olah raga, kesehatan, dan lingkungan," ujar Turkhon.

Turkhon berharap program ini akan menjadi berdaya dan berkembang bila warga bersedia bersama-sama menjadikan pelestarian lingkungan sebagai suatu kebutuhan mendasar. "Tidak semua komplek perumahan dapat melakukan program ini. Karena itu mari kita sukseskan BTN Green Community," ajak Turkhon. Dia juga berharap program ini bisa menjadi tambahan investasi bagi warga Villa Bogor Indar, dan dapat menularkan program ini kepada lingkungan atau komplek perumahan yang lain. anjar, ad bibid
<< Back
Copyright © 2013 PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., All Rights Reserved
Menara Bank BTN, Jl. Gajah Mada No. 1, Jakarta 10130