Home  |  Tentang Kami  |  Produk  |  CSR  |  Unit Usaha Syariah  |  Hubungan Investor  |  Fasilitas Lainnya

BTN News


BTN Akan Garap Kredit Non Perumahan

Sumber: Suara Merdeka, 13 September 2010
27/09/2010
Bank Tabungan Negara (BBTN) akan memperluas pengucuran kredit ke sektor non perumahan, khususnya linkage program. Hingga kini porsi pemberian kredit ke sektor perumahan masih mendominasi, yakni di atas 90%.
 
Bank Tabungan Negara (BTN) akan memperluas pengucuran kredit ke sektor non perumahan, khususnya linkage program. Hingga kini porsi pemberian kredit ke sektor perumahan masih mendominasi, yakni di atas 90%.

Kepala Cabang Bank BTN Semarang Poernomo mengatakan, karakter awal bank tersebut memang pada pembiayaan perumahan.

Namun kini strategi pengembangannya akan digeser. Sesuai perencanaan hingga tahun 2012, diharapkan perbandingan pembiayaan perumahan dan sektor lainnya itu 75:25.

"Kami saat ini berusaha menjajagi sejumlah kerja sama dengan berbagai lembaga keuangan mikro, baik koperasi dan BPR.

Program ini bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UKM,’’ katanya, baru-baru ini.

Poernomo mengatakan, pembiayaan lewat lembaga keuangan mikro dinilai akan lebih mempercepat penyaluran ke masyarakat, terutama kalangan yang selama ini kesulitan mengakses perbankan. Untuk bisa menyalurkan kredit itu BTN akan memperhatikan tingkat kesehatan lembaga keuangan mikro yang akan menjadi mitra. Misalnya, akte pendirian koperasi, sudah beroperasi minimal dua tahun, laporan keuangan, serta tingkat kredit macet atau NPL tidak lebih dari 5%.

Besaran bunga yang dibebankan berkisar 12-13%. Selain linkage program, kredit sektor perumahan ini di antaranya juga tertuju pada KUR serta pembiayaan SPBE.

"Kami melihat potensi di sektor nonperumahan ini juga banyak untuk bisa digarap," paparnya.

Disebutkan, hingga Juli lalu, pembiayaan yang sudah disalurkan mencapai 60% dari target hingga akhir tahun 2010 sebesar Rp 408 miliar. Bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu terdapat pertumbuhan hingga 13%. Yang menarik, besaran target penyaluran kredit dua tahun terakhir terdapat lonjakan tajam. Pada tahun 2009, target pembiayaan ini sebesar Rp 250 miliar. (H2244 )

<< Back
Copyright © 2013 PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., All Rights Reserved
Menara Bank BTN, Jl. Gajah Mada No. 1, Jakarta 10130