Home  |  Tentang Kami  |  Produk  |  CSR  |  Unit Usaha Syariah  |  Hubungan Investor  |  Fasilitas Lainnya

BTN News


BTN Akan Sekuritisasi Aset Rp 750 Miliar

Sumber: Investor Daily
12/05/2010
PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) akan melakukan sekuritisasi aset kredit perumahan Rp 750 miliar pada kuartal III-2010. Dana tersebut bakal digunakan untuk ekspansi tahun ini.
 
PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) akan melakukan sekuritisasi aset kredit perumahan Rp 750 miliar pada kuartal III-2010. Dana tersebut bakal digunakan untuk ekspansi tahun ini.
"Setelah pelaksanaan obligasi selesai, kami menerbitkan sekuritisasi aset senilai Rp 750 miliar pada kuar­tal III-2010 atau paling lama kuartal IV-2010," kata Direktur Utama BTN Iqbal Latanro kepada Investor Dai­ly di Jakarta, belum lama ini.
 
Iqbal menjelaskan, perseroan telah menawarkan Obligasi XIV Bank BTN Tahun 2010 pada akhir April lalu, dengan nilai Rp 1,5 triliun dan tenor 10 tahun. Dana itu akan digunakan untuk pembiayaan kredit dan pembayaran (refinancing) obligasi perseroan yang jatuh tempo tahun ini, senilai Rp 750 miliar.
 
Obligasi itu akan memperoleh pernyataan efektif dari Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) pada 20 Mei 2010 dan diikuti masa penawaran 31 Mei hingga 1 Juni 2010. Sedangkan masa penjatahan dijadwalkan 2 Juni 2010 dan pencatatan (listing) di Bursa Efek Indonesia (BEI) 7 Juni mendatang.
Penerbitan obligasi dan sekuritisasi aset yang diharapkan selesai tahun ini akan memperbaiki struktur pendanaan perusahaan. "Dananya bisa dipakai tahun ini. Mengingat ekspansi kredit BTN bisa mencapai triliunan rupiah per bulan, tambahan clana itu sangat membantu," imbuh dia.
 
Sebelumnya, pada 22 Desember 2008 BTN mencatatkan sekuritisasi aset kredit kepemilikan rumah (KPR) senilai Rp 500 miliar. Menurut Iqbal, sekuritisasi aset tersebut bertujuan mencari dana murah, sekaligus mengatasi permasalahan struktur kontrak investasi kolektif efek beragun aset (KIK EBA) dengan 10% enchancement (peningkatan).
 
Pada sekuritisasi aset, perusahaan dapat menjaminkan aset keuangan yang dimiliki. Aset itu antara lain adalah tagihan dari surat berharga komersial, kartu kredit, pemberian kredit, efek bersifat utang, serta ta­gihan yang timbul di kemudian hari. (epa)
<< Back
Copyright © 2013 PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., All Rights Reserved
Menara Bank BTN, Jl. Gajah Mada No. 1, Jakarta 10130