Home  |  Tentang Kami  |  Produk  |  CSR  |  Unit Usaha Syariah  |  Hubungan Investor  |  Fasilitas Lainnya

BTN News


BTN Antisipasi Pertumbuhan Industri Perumahan di Karawang

Sumber: Harian Ekonomi Neraca, 05 Oktober 2010
05/10/2010
PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk mengantisipasi pertumbuhan industri perumahan di Kabupaten dan Kota Karawang dengan menyiapkan kantor baru yang lebih refresentatif. Pasalnya, potensi pasar penghimpunan dana maupun penyaluran kredit di wilayah ini relatif besar.
 
PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk mengantisipasi pertumbuhan industri perumahan di Kabupaten dan Kota Karawang dengan menyiapkan kantor baru yang lebih refresentatif. Pasalnya, potensi pasar penghimpunan dana maupun penyaluran kredit di wilayah ini relatif besar.

"BTN yang memiliki bisnis utama di bidang pembiayaan perumahan dan industri ikutannya sangat berkepentingan untuk dapat berperan dalam pengembangan ekonomi di wlayah ini sesuai kompetensi yang dimiliki," ungkap Wakil Direktur Utama PT BTN, Evi Firmansyah, di sela peresmian relokasi Kantor Cabang BTN di Karawang, baru-baru ini.

Evi berharap, relokasi kantor di Karawang ini dapat mendorong kapitalisasi perekonomian masyarakat di daerah tersebut. "Kami berharap dengan relokasi kantor ini akan memberikan nilai tambah bagi ekonomi masyarakat," ujarnya.

Sejauh ini, BTN Cabang Karawang telah mengucurkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) senilai Rp. 451 miliar untuk pembiayaan 10.835 unit rumah. Selain itu, BTN juga telah menggelontorkan kredit untuk 25 Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang ada di wilayah Karawang.

Evi mengungkap, industri perumahan di Karawang berkembang pesat, bahkan saat ini menempati posisi kedua setelah Bekasi. "Ini salah satu alasan kami memperluas pasar ke kawasan ini," imbuhnya

Sebelumnya BTN meresmikan kantor barunya yang berlokasi di Jalan Surotokunto Kabupaten Karawang Jawa Barat, serta. merencanakan pembangunan tiga kantor cabang lagi sampai tahun 2011 di kabupaten yang sama.

Evi mengatakan, BTN selalu berupaya mendekati pasar ketika suatu kawasan membutuhkan dukungan pembiayaan perumahan maka kami mendirikan kantor layanan. "Kami sengaja jemput bola dalam memberikan pelayanan pembiayaan perumahan sehingga masyarakat yang membutuhkan tidak perlu jauh-jauh," kata Evi.

Dia menyebut, lokasi kantor baru BTN di Karawang sangat strategis. Berada di tengah bisnis perkotaan dan dekat dengan masyarakat.

Sementara itu, Bupati Karawang Dadang Muchtar menyatakan, kawasan Karawang sangat strategis dan dinamis. Pasalnya, di wilayah ini terdapat sekitar 500 pabrik, sekitar 300 diantaranya merupakan perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA). "Banyak perusahaan dari Jepang yang merelokasi pabriknya ke Karawang," tutur Dadang.

Dengan banyaknya industri, imbuh Dadang, maka bakal berkembang pesat. Bahkan salah satu yang terpesat di banding kawasan di sekitar Jakarta yang lain," jelas Dadang.

Dia menambahkan, Karawang akan berkembang lebih pesat karena pemerintah pusat telah memutuskan akan membangun pelabuhan alternatif di Karawang. Apalagi, sebelumnya Pemda Karawang telah memberi ijin pembangunan kawasan perumahan Karawang Baru dengan lahan seluas 1000 hektar.

Dalam kesempatan itu, Evi juga mengungkap, hingga kini laba BTN telah tumbuh hampir 100%. Sedangkan rasio keuangan tercatat dalam kondisi sehat dengan NPL Nett (rasio kredit macet) sebesar 3,4% atau di bawah ketentuan Bank Indonesia, serta rasio kecukupan modal (capital adequacy ratio/CAR) sebesar 19%.

Sementara dari sisi kinerja perseroan, sepanjang paruh pertama 2010, BTN berhasil membukukan pertumbuhan kinerja secara signifikan. Total aset perseroan bertumbuh 25,14%, dana pihak ketiga (DPK) melambung 17% yang dibarengi pertumbuhan kredit sebanyak 30%. Ini menempatkan BTN sebagai bank pemberi kredit terbesar di urutan ke sembilan di Indonesia.

Pencapaian kinerja ini juga didukung dengan pengembangan jaringan kerja yang tersebar di seluruh Indonesia dan didukung lebih dari 3.000 jaringan online real time. (kam)
<< Back
Copyright © 2013 PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., All Rights Reserved
Menara Bank BTN, Jl. Gajah Mada No. 1, Jakarta 10130