Home  |  Tentang Kami  |  Produk  |  CSR  |  Unit Usaha Syariah  |  Hubungan Investor  |  Fasilitas Lainnya

BTN News


BTN Berkomitmen Pertahankan Prestasi Tidak Sekedar Juara ARA 2010

Sumber: Harian Ekonomi Neraca, 16 September 2011
21/09/2011
Kinerja keras PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) menjaga laporan kinerja yang positif serta meningkatkan good corporate governance sebagai perusahaan terbuka membuahkan hasil. Dimana perseroan mengantongi berbagai penghargaan dan menjadi juara umum pada penghargaan Annual Report Award (ARA) 2010.
 
Kinerja keras PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) menjaga laporan kinerja yang positif serta meningkatkan good corporate governance sebagai perusahaan terbuka membuahkan hasil. Dimana perseroan mengantongi berbagai penghargaan dan menjadi juara umum pada penghargaan Annual Report Award (ARA) 2010.

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Iqbal Latanro mengatakan, prestasi yang diraih perseroan merupakan wujud atas kinerja Bank BTN untuk menjadi lebih baik. "Kita bersyukur atas penghargaan yang didapatkan karena ini bentuk penilaian positif terhadap kinerja selama ini,"katanya dalam siaran persnya di Jakarta, Kamis(15/9).

Menurutnya, penghargaan yang didapatkan perseroan pada ajang bergensi tahunan ini merupakan kebahagian dan juga tantangan ke depan untuk bisa mempertahankan prestasi ini ke depan. Bahkan dituntut untuk jauh lebih baik lagi.

Kata Iqbal, penilaian ARA 2010 didasarkan pada kinerja perseroan tahun 2010. Alhamdulillah berdasarkan laporan keuangan Bank BTN per 31 Desember 2010 (audited), perseroan berkinerja baik. Seperti dapat dilihat dari Laba yang tumbuh 86,75%, Aset tumbuh 17%, Kredit tumbuh 26,55%, Dana Pihak Keiga tumbuh 18,23% dengan rasio keuangan yang juga tercatat cukup baik, seperti NPL 3,26%, CAR 16,74%, ROE 16,67% dan NIM 5,93%.

Bank BTN, lanjut Iqbal menyambut gembira atas hasil kerja tersebut. ARA 2010 menjadi jawaban semua pihak bahwa penerapan GCG di Bank BTN telah memenuhi standar yang diharapkan. ARA 2010 akan menambah semangat Bank BTN dalam menjawab tantangan dan peluang bisnis untuk bekerja lebih baik lagi.

Sebagaimana diketahui, Annual Report merupakan cermin apa yang dilakukan atau merupakan sebuah perwujudan atas kinerja dari suatu perusahaan yang dilaksanakan dalam bentuk laporan tahunan kepada pemegang saham dan segenap stakeholders. Annual Report juga merupakan salah satu bentuk penerapan Good Corporate Governance (GCG) sebagaimana yang tercantum dalam Pilar Ketiga Basel II pada level Internasional, yang mencakup kebutuhan atas public disclousure yang harus dilaksanakan bank dan atau Pilar 4 dalam Arsitektur Perbankan Indonesia (API) pada level nasional, yaitu menciptakan GCG dalam rangka memperkuat kondisi internal perbankan nasional.

Dalam penyelenggaraan ARA 2010 terdapat 191 perusahaan terkemuka di Indonesia, baik itu BUMN, BUMD maupun Private (swasta) yang mengikuti dan dikelompokkan ke dalam 8 (delapan) kategori. ARA 2010 diberikan kepada perusahaan sesuai kategori dengan tahapan penilaian yang meliputi kinerja perusahaan, kinerja keuangan, pelaksanaan tugas dan tanggung jawab komisaris & direksi, profil perusahaan, analisis dan pembahasan manajemen atas kinerja manajemen, pelaksanaan GCG, keterbukaan informasi keuangan dan aspek lainnya seperti praktik GCG. Semua diberikan bobot dan Bank BTN ditetapkan sebagai juara I untuk kategori BUMN/BUMD keuangan llisted dan juara umum seluruh kategori dan berhak membawa ARA 2010.

Dengan diterimanya ARA 2010 ini, perseroan akan terus berupaya untuk berkinerja lebih baik dengan menjalankan prinsip kehati-hatian dan tetap membuka peluang untuk mengembangkan usaha perseroan terus bertumbuh menjadi lebih baik. Bank BTN berkomitmen untuk tetap memberikan pelayanan unggul dalam pembiayaan perumahan. Tahun 2011 pelayanan akan lebih ditingkatkan dengan bertambahnya produk dan fitur yang bertujuan untuk meningkatkan corporate value dan shareholder value. Ini juga sebagai jawaban bahwa pasca IPO Bank BTN tetap konsisten dalam pemenuhan kebutuhan rumah rakyat yang menjadi core business perseroan.

Sebelumnya, Bank BTN dinobatkan sebagai Juara Umum dalam penyelenggaraan Annual Report Award (ARA) 2010 yang diselenggarakan oleh Kementrian BUMN bekerjasama dengan Bapepam LK, Bank Indonesia, Ditjen Pajak, Bursa Efek Indonesia, Ikatan Akuntansi Indonesia dan Komite Nasional Kebijakan Governance. Bank BTN juga dinobatkan sebagai Juara I untuk kategori BUMN/ BUMD listed company dalam event tersebut. Dengan demikian dalam penyelenggaraan ARA 2010 tersebut Bank BTN menyabet dua penghargaan sekaligus, yaitu sebagai Juara Umum dan sebagai Juara I kategori BUMN/ BUMD Keuangan Listed. bani


<< Back
Copyright © 2013 PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., All Rights Reserved
Menara Bank BTN, Jl. Gajah Mada No. 1, Jakarta 10130