Home  |  Tentang Kami  |  Produk  |  CSR  |  Unit Usaha Syariah  |  Hubungan Investor  |  Fasilitas Lainnya

BTN News


BTN Dukung Perubahan Subsidi Perumahan

Sumber: Pikiran Rakyat
21/01/2010
JAKARTA, (PR).-
PT Bank Tabungan Negara Tbk. (BTN) mendukung rencana pemerintah untuk mengubah sistem subsidi rumah sepanjang dapat meningkatkan kapasitas kredit. Subsidi itu juga seharusnya mengadopsi kepentingan semua pemangku kepentingan.
 

"Kalau memang banyak peminatnya, kita akan ikut program ini," kata Direktur Utama BTN Iqbal Latanro di sela-sela penyelenggaraan "Outlook Properti and Economic 2010" di Jakarta, Rabu (20/1).

Iqbal mengatakan, dalam program subsidi perumahan, BTN harus ikut serta. Bahkan, kapasitasnya harus lebih tinggi daripada perbankan lain karena bisnis utamanya memang dari sektor pembiayaan perumahan.

Dia berharap, perubahan sistem subsidi rumah ini ada masa transisi sehingga tidak langsung diterapkan. Hal itu untuk memberi kesempatan bagi pembeli rumah menyesuaikan dengan sistem baru.

Iqbal juga mengharapkan perubahan sistem subsidi ini dapat mengadopsi kepentingan semua pemangku kepentingan di sektor perumahan. Dengan demikian, ketika diterapkan, banyak peminat yang ikut serta.

Iqbal menuturkan, pada 2010, BTN menargetkan dapat menyalurkan kredit di atas Rp 20 triliun seiring dengan perkuatan modal setelah IPO.

Dalam rangka peningkatan kapasitas kredit, menurut Iqbal, BTN juga berencana menerbitkan obligasi dan melakukan sekuritisasi aset.

Deputi Bank Indonesia (BI) Muliaman D. Hadad menyebutkan, hingga November 2009, kredit properti mengalami pertumbuhan 7,53 persen atau menguasai 15 persen dari total pangsa kredit.

"Pertumbuhan kredit properti tersebut terutama ditunjang dari subsektor KPR sebesar 13,52 persen, jauh di atas rata-rata pertumbuhan kredit secara total," tutur Muliaman.

Menyadari potensi yang besar, ujar Muliaman, BI bersama Kementerian Perumahan Rakyat telah menjalin kerja sama (MOU) dan membentuk tim koordinasi kebijakan pengembangan pembiayaan perumahan.

Menurut Muliaman, tujuan dari tim ini untuk mendukung target pemerintah dalam pengadaan rumah rakyat melalui implementasi program-program pengembangan sistem informasi data KPR dan data debitur KPR. (A-78)***

<< Back
Copyright © 2013 PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., All Rights Reserved
Menara Bank BTN, Jl. Gajah Mada No. 1, Jakarta 10130