Home  |  Tentang Kami  |  Produk  |  CSR  |  Unit Usaha Syariah  |  Hubungan Investor  |  Fasilitas Lainnya

BTN News


BTN Genjot Nilai Sekuritisasi

Sumber: Bisnis Indonesia, 29 Oktober 2010
03/11/2010
PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk akan meningkatkan nilai kontrak investasi kolektif efek beragun aset (KIK-EBA) dari semula Rp. 750 Miliar menjadi Rp. 1 Triliun.
 
PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk akan meningkatkan nilai kontrak investasi kolektif efek beragun aset (KIK-EBA) dari semula Rp. 750 Miliar menjadi Rp. 1 Triliun.

Saat ini, BTN telah menunjuk tiga perusahaan sekuritas sebagai penjamin emisi (underwriter) untuk membantu sekuritisasi aset tersebut.  Direkrur Treasury BTN Saut Pardede mengatakan underwriter yang telah ditunjuk adalah PT Andalan Artha Advisindo (AAA) Securities, PT Trimegah Securities Tbk, dan PT Kresna Graha Sekurindo Tbk.

"Nilai KIK-EBA masih tetap Rp750 miliar, jika peminatnya banyak kemungkinan bisa ditingkatkan sampai dengan Rp. 1 Triliun. Seluruhnya akan digunakan untuk ekspansi kredit kepemilikan rumah [KPR]," katanya, kemarin.
Dia mengatakan saat ini perseroan dalam proses menyelesaikan pembahasan terkait harga dengan underwriter.

Namun, Saut mengisyaratkan BTN akan menawarkan tingkat imbal basil (yield) di bawah 10%. Adapun penerbitan KIK-EBA dijadwalkan efektif pada awal November 2010.  "Yield KIK-EBA pada November 2010 sudah pasti di bawah KIK-EBA I dan KIK-EBA II. Saya pikir akan di bawah 10%. Itu yang masih harus kita finalkan dengan underwriter. Kredit kami saja sudah 9,75%, masa cost of fund 10%," ujarnya.

Saut menyatakan optimistis investor akan menyerap EBA III perseroan yang difasilitasi oleh PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) dan PT Danareksa Investment Manajement sebagai manajer investasi. (02)

<< Back
Copyright © 2013 PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., All Rights Reserved
Menara Bank BTN, Jl. Gajah Mada No. 1, Jakarta 10130