Home  |  Tentang Kami  |  Produk  |  CSR  |  Unit Usaha Syariah  |  Hubungan Investor  |  Fasilitas Lainnya

BTN News


BTN-IAIN SURABAYA LUNCURKAN "SIMPANAN ISLAMIC STUDIES"

Sumber: LKBN-Antara
13/04/2010
Surabaya, 12/4 (ANTARA) - Bank Tabungan Negara (BTN) bekerja sama dengan IAIN Sunan Ampel Surabaya meluncurkan program "Simpanan Islamic Studies" untuk pengembangan studi, khazanah, dan sumberdaya manusia di bidang studi keislaman.
 

Nota kesepahaman dalam kerja sama itu ditandatangani Dirut PT BTN Iqbal Latanro dan Rektor IAIN Surabaya Prof H. Nur Syam M.Si dengan disaksikan Wakil Gubernur (Wagub) Jatim H. Saifullah Yusuf (Gus Ipul) di kampus IAIN Surabaya, Senin.

"Nantinya, alumni, dosen, mahasiswa, sivitas akademika, orang tua wali mahasiswa, dan masyarakat dapat membuka tabungan, deposito, dan giro di BTN dengan 30 persen dari bunga yang ada akan disumbangkan ke IAIN," kata Prof Nur Syam.

Caranya, mereka membuka "log in" dengan nama "Islamic Studies" supaya 30 persen bunga dari tabungan, deposito, dan giro mereka disumbangkan untuk program-program IAIN Surabaya.

"Kami akan memanfaatkan 30 persen bunga itu untuk beasiswa, pengembangan khazanah perpustakaan, penelitian, seminar perbaikan kurikulum, pelatihan keislaman, atau perbaikan layanan lainnya," paparnya.

Ia mengaku, optimistis program "Simpanan Islamic Studies" akan dapat menyimpan Rp1 miliar per tahun, lalu hasilnya akan disimpan dalam bentuk deposito dan akan dikembangkan lagi.

"Kalau sukses, program itu akan kami `ekspor` ke tingkat nasional untuk IAIN atau UIN se-Indonesia," ujarya menambahkan.

Dalam kesempatan itu, Dirut PT BTN Iqbal Latanro menyerahkan sumbangan Rp50 juta sebagai dana awal bagi program "Simpanan Islamic Studies" yang baru pertama kalinya ada di Indonesia itu.

Menanggapi kerja sama BTN-IAIN Surabaya itu, Wagub Jatim H. Saifullah Yusuf menilai program "Simpanan Islamic Studies" itu sangat tepat untuk memperluas jaringan perbankan dan meningkatkan akselerasi dunia pendidikan agama.

"Jadi, program itu sudah benar dan tepat, lanjutkan. Saya melihat perbankan syariah mulai jadi alternatif, tapi syariah itu merupakan `bungkus` yang perlu diberi isi yang baik, jangan sampai ada bungkus perbankan syariah tapi bunga tetap 40 persen. Itu ada dan tidak baik, karena bungkus dan isi sama-sama penting," tuturnya.

Acara itu dihadiri sejumlah alumni IAIN Surabaya, di antaranya KH Robbach Ma`shum (Bupati Gresik), Prof Ali Maschan Moesa M.Si (anggota DPR RI). (T.E011/B/C004/C004) 12-04-2010 15:52:52 NNNN

<< Back
Copyright © 2013 PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., All Rights Reserved
Menara Bank BTN, Jl. Gajah Mada No. 1, Jakarta 10130