Home  |  Tentang Kami  |  Produk  |  CSR  |  Unit Usaha Syariah  |  Hubungan Investor  |  Fasilitas Lainnya

BTN News


BTN Kelebihan Permintaan 2,04 Kali

Sumber: Suara Karya
07/12/2009
JAKARTA (Suara Karya) Nilai penawaran umum saham perdana atau initial public offering (IPO) PT Bank Tabungan Negara (BTN) mencapai Rp 3,515 triliun atau mengalami kelebihan permintaan (oversubscribed) hingga 2,04 kali.
 
Menteri Negara BUMN Mustafa Abubakar di Jakarta, Jumat, mengatakan bahwa proses penawaran awal book building sudah usai. Tinggal pencatatan (listihg) perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 17 Desember 2009," kata Mustafa.

Diakuinya, saat ini proses penawaran saham perdana BTN sedang memasuki masa penjatahan dengan harga final sebesar Rp 800 per lembar.Dengan jumlah saham BTN yang akan dilepas sekitar 27,1 persen atau lebih kurang 2,36 juta lembar maka dari proses penawaran perdana itu akan diperoleh dana segar sekitar Rp 1,9 triliun.

Sebelumnya, BTN telah menetapkan PT Mandiri Sekuritas dan PT CIMB Securities Indonesia sebagai penjamin pelaksana emisi.Kisaran harga penawaran saham dalam IPO BTN itu sebesar Rp 750-Rp 1.100 per lembar saham. Namun akhirnya ditetapkan bahwa harga final pada Rp 800 per lembar.

Komposisi penawaran saham IPO BTN sebesar 60 persen dialokasikan untuk investor lokal, sedangkan 40 persen untuk investor asing.Mustafa menginformasikan terdapat tiga investor institusi sebagai pembeli utama saham BTN.

Ketiga perusahaan tersebut yaitu PT Jamsostek, dan dua investor asing Goverment of Singapore Investment Corporation (GIC), serta DWS Investment Sebelumnya manajemen BTN menyatakan, dana hasil IPO akan untuk memperkuat basis permodalan agar ekspansi kredit guna mengejar target pertumbuhan 20 persen pada 2010.

Jika dana hasil IPO ini tidak mencukupi untuk mendorong pertumbuhan kredit, BTN juga telah mempersiapkan beberapa penambahan modal yang akan dilakukan tahun depan.Tahun ini, target pertumbuhan kredit BTN sebesar 25 persen atau Rp16 triliun kredit baru, akan tercapai.

Total kredit oustanding BTN saat ini mencapai Rp38 triliun, dimana 95 persen merupakan kredit perumahan dan industri perumahan, sedangkan sisanya 5 persen kredit sektor lain.
<< Back
Copyright © 2013 PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., All Rights Reserved
Menara Bank BTN, Jl. Gajah Mada No. 1, Jakarta 10130