Home  |  Tentang Kami  |  Produk  |  CSR  |  Unit Usaha Syariah  |  Hubungan Investor  |  Fasilitas Lainnya

BTN News


BTN Masuki Bisnis Bancassurance

Sumber: Media Indonesia
19/12/2012

 

BTN Masuki Bisnis Bancassurance

Dengan produk bancassurance, nasabah memiliki produk alternatif di samping giro maupun tabungan.

Dwi Tupani

 

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) akhirnya memasuki bisnis bancassurance dengan menggandeng PT Zurich Topas Life (Zurich). Hal itu merupakan inovasi BTN untuk nasabah prioritasnya.

"Ini adalah jawaban dari rencana bisnis yang sudah kami siapkan. BTN memberikan layanan prioritas denganlayanan lebih kepada nasabah setia kami," kata Direktur litama BTN Iqbal Latanro seusai penandatanganan perjanjian kerja antara BTN dan Zurich di Jakarta, kemarin.

Iqbal mengatakan sasaran utama penjualan produk bancassurance itu ialah untuk meningkatkan layanan, memperluas, dan memberikan variasi produk para nasabah prioritasnya, sena juga dapat meningkatkan pendapatan usaha BTNdari fee based income.

"Target BTN bukan dalam nilai rupiah ataupun fee based t/icomeyang didapat, melainkan nasabah yang loyal untuk memiliki alternatif dalam investasi, tanpa meninggalkan BTN," ungkapnya.

Iqbal memaparkan produk berbasis bancassurance yang ditawarkan BTN antara lain asuransi jiwa, asuransi kecelakaan diri, unit link, dan produk bundling lainnya. Menurutnya, BTN juga akan memasarkan produk investasi lain, seperti reksa dana, obligasi negara ritel (ORO, serta sukuk ritel pada masa mendatang.

Adapun untuk target awal,lanjut Iqbal, pihaknya memproyeksikan dapat menjaring 30 ribu nasabah asuransi atau 1% dari jumlah nasabah BTN dalam kurun waktu setahun.

Lebih jauh, Direktur Mortgage dan Consumer Banking BTN Irman A Zahiruddin mengungkapkan perjanjian kerjasama BTN dan Zurich dilakukan selama tiga tahun. Perjanjian tersebut diharapkan juga mendorong jumlah nasabah BTN. "Dengan produk bancassurance, (nasabah) memiliki produk altematif di samping giro maupun tabungan."

Pada kesempatan yang sama, Presiden Direktur Zurich Oemin Handajanto menuturkan kerja sama dengan BTN akan memperluas jaringan distribusi produk-produk asuransi jiwa Zurich.

"Produk-produk ini akan tersedia untuk nasabah BTN melalui cabang BTN dan loyalitas nasabah. Kerja sama ini diharapkan dapat memajukan pertumbuhan bisnis bancassurance kedua be-lah pihak," jelasnya.

Oemin menuturkan kerja sama dengan PT BTN merupakan langkah untuk mengimplementasikan strategi asuransi jiwa di pasar Indonesia. Sebab, pasar asuransi Indonesia ber-tumbuh 24,6% pada 2011 dan diperkirakan tetap tumbuh dua digit untuk tahun mendatang. Sebaliknya penetrasi asuransi jiwa di Indonesia hanya 1,4% atau tertinggal jauh dari Taiwan. Hong Kong, Korsel, dan Singapura yang mencapai 8%-ll%.

 


<< Back
Copyright © 2013 PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., All Rights Reserved
Menara Bank BTN, Jl. Gajah Mada No. 1, Jakarta 10130