Home  |  Tentang Kami  |  Produk  |  CSR  |  Unit Usaha Syariah  |  Hubungan Investor  |  Fasilitas Lainnya

BTN News


BTN Pacu Bisnis Pembiayaan Perumahan

Sumber: Harian Ekonomi Neraca
30/04/2010
PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Memacu pertumbuhan bisnis pembiayaan perumahan dengan memperkuat pendanaan lewat pelepasan obligasi sebesar Rp 1,5 triliun.
 
PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Memacu pertumbuhan bisnis pembiayaan perumahan dengan memperkuat pendanaan lewat pelepasan obligasi sebesar Rp 1,5 triliun.
 
Iqbal Latanro, Direktur Utama Bank BTN menyatakan, seluruh dana hasil penjualan obligasi ini akan dimanfaatkan untuk mendukung pembiayaan perumahan yang rhenjadi core business BTN.
Menurutnya, hasil pen­jualan obligasi juga diharapkan dapat memperbaiki struktur permodalan BTN. "Kami sedang berupaya agar perseroan dapat lebih efisien dalam mengelola pendanaan untuk mendukung core business di bidang pembiayaan perumahan dengan tersedianya dana jangka panjang yang lebih murah," jelasnya.
Dia menambahkan, permintaan terhadap rumah landed house terus menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan setiap tahun. Sementara kemampuan dana pemerintah terbatas dalam mendukung kebutuhan masyarakat akan rumah.
"jadi peran perbankan sangat diharapkan dalam pemenuhan pengadaan ru­mah ini, sehingga BTN akan terus berperan untuk menjadi bank yang terkemuka dalam bidang pem­biayaan perumahan," tandasnya.
 
Dengan tetap berpegang pada core businessnya di bidang pembiayaan perumahan, imbuh Iqbal, BTN akan mempertegas misinya guna mendukung program pembangunan perumahan nasional. "Pen­jualan dari obligasi ini di­harapkan juga akan memperkuat struktur pendan­aan Bank BTN guna men­dukung pembiayaan pe­rumahan nasional," terangnya. (kam)
 
BTN melalui penjamin pelaksana emisinya, yaitu Mandiri Sekuritas, Bahana Sekurities dan Indo Premier Securities menerbitkan obligasi perseroan sebesar Rp. 1,5 Triliun. Penerbitan Obligasi ini merupakan tindak lanjut dari business plan (BP) perusahaan tahun 2010. Dalam BP tersebut telah dijadwalkan bahwa Bank BTN pada semester I tahun 2010 akan mener­bitkan obligasi perseroan. Obligasi yang ditawarkan dengan tingkat bunga TETAP ini telah mendapatkan peringkat dari Pefindo sebagai lembaga pemeringkat efek Indonesia. Pefindo telah memberikan rating idAA- untuk Obligasi Bank BTN XIV.
 
Iqbal mengungkap, obligasi yang diterbitkan Bank BTN kali ini merupakan obligasi yang ke-XIV. Bank BTN memiliki track record yang sangat baik di pasar modal. Terbukti penerbitan obligasi senior sejak tahun 1989 dan oblig­asi Subordinasi pada tahun 2004 selalu berhasil.
 
Total obligasi yang telah diterbitkan Bank BTN hampir mencapai Rp.6 Triliun. Seluruhnya selalu oversub­scribed. Obligasi Bank BTN yang masih outstanding adalah sekitar Rp. 3 Triliun.
 
BTN optimis bahwa Obligasi XIV yang dita­warkan ini akan terserap di pasar seperti halnya obligasi-obligasi sebelumnya. Bank BTN berkeyakinan bahwa pasar obligasi yang ditawarkan perseroaan me­miliki pasar tersendiri. Pa­sar perumahan di Indone­sia memberikan peluang yang sangat besar untuk terus berkembang mengingat masih sangat besarnya masyarakat Indonesia yang belum memiliki rumah. Disamping itu kinerja Bank BTN yang terus membaik akan menjadi sinergi dalam membaiknya kemampuan bank dalam sharing pem­biayaan untuk mendukung program pembangunan perumahan nasional.
 
Sementara itu, berdasarkan data kinerja Bank BTN Triwulan I tahun 2010 secara umum target BTN tumbuh signifikan. Asset BTN tumbuh 21%, sementara Dana Pihak Ketiga (DPK) tumbuh 15%. Sedangkan kucuran kredit tumbuh 29%. Laba BTN sendiri tum­buh 72%, dengan NPL Nett 3,2% masih di bawah ketentuan Bank Indonesia, CAR 20,2%.
Menurut Iqbal, BTN te­lah memiliki jaringan kantor yang didukung oleh Le­bih dari 3.000 jaringan on line real time, lebih dari 22.000 jaringan ATM Bersama dan lebih dari 18.000 ATM Link.
"BTN saat ini telah masuk pada kelompok 10 bank terbesar di Indonesia berdasarkan asset, termasuk bank pemberi kredit terbesar di Indonesia pada urutan ke 9," paparnya.
 
Hingga kini, lanjut Iqbal, BTN telah menyalurkan kredit kepada masya­rakat di Indonesia sejak 1976 sampai dengan April 2010 dengan total kredit mencapai lebih dari Rp.89 Triliun dan jumlah debitur lebih dari 3 juta orang.
<< Back
Copyright © 2013 PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., All Rights Reserved
Menara Bank BTN, Jl. Gajah Mada No. 1, Jakarta 10130