Home  |  Tentang Kami  |  Produk  |  CSR  |  Unit Usaha Syariah  |  Hubungan Investor  |  Fasilitas Lainnya

BTN News


BTN Perkuat Permodalan Rp 4 Triliun

Sumber: Sinar Harapan
21/01/2010
PT Bank Tabungan Negara Tbk akan memperkuat struktur permodalan dengan sejumlah instrumen, yang mencapai Rp 4 triliun, melalui penerbitan obligasi, sekuritisasi aset tahap III (KIK EBA), dan surat utang jangka menengah (medium term reofe/MTN). Penerbitan obligasi akan dilakukan lebih awal pada semester pertama ini, yang jumlahnya Rp 12 triliun. Saat ini, manajemen mematangkan rencana penerbitan surat utang tersebut.
 

"Kami akan menerbitkan obligasi dan melanjutkan seku­ritisasi aset yang ada untuk mengurangi maturity mis­match. Semua itu untuk memperbaiki struktur pendanaan supaya bisa melakukan ekspansi kredit yang lebih baik," kata Direktur Utama BTN Iqbal Latanro di Jakarta, Rabu (20/1). Rencana aksi korporasi ini merupakan lanjutan setelah tahun lalu BTN melakukan penawaran saham perdana dan sekuritisasi aset.

Iqbal mengatakan, situasi pasar dan suku bunga dari surat utang diprediksi masih lebih baik pada semester perta­ma ini, sehingga penerbitan obligasi bisa didahulukan sebelum kenaikan suku bunga yang diprediksi pada paruh kedua tahun ini.

Setelah itu, katanya, akan dilanjutkan sekuritisasi aset (KIK/EBA) sekitar Rp 750 miliar, mungkin sampai Rp 1 trili­un, kemungkinan pada semes­ter berikutnya. Iqbal menyatakan, penerbitan semua ins­trumen itu untuk mengatasi perbedaan jangka waktu (maturity mismatch) antara

pendanaan yang lebih pendek terhadap kredit jangka panjang di sektor properti. Persoalan mismatch pendanaan itu bukan masalah besar, karena hampir semua bank mengalami hal tersebut dan harus berupaya untuk memperbaiki struktur pendanaannya.

Iqbal menjelaskan, semua instrumen pendanaan itu ada untuk mendukung ekspansi bisnis tahun ini, yang ditargetkan kucuran kredit barunya mencapai Rp 20 triliun.

Pada akhir 2009, kredit out­standing sekitar Rp 42 triliun. Kredit perseroan selalu tumbuh di atas industri seperti pada 2009 yang mencapai 2728 persen, cukup bagus meskipun sedikit lebih rendah dibandingkan pertumbuhan 2008.

(sigit wibowo/sat)

<< Back
Copyright © 2013 PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., All Rights Reserved
Menara Bank BTN, Jl. Gajah Mada No. 1, Jakarta 10130