Home  |  Tentang Kami  |  Produk  |  CSR  |  Unit Usaha Syariah  |  Hubungan Investor  |  Fasilitas Lainnya

BTN News


BTN Sediakan Kredit Rumah Murah Berbunga Tetap 8,15%

Sumber: Detik.com, 01 Oktober 2010
01/10/2010
PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) bersama pemerintah melalui Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) menyediakan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dengan suku bunga dasar terendah hingga 8,15% fixed rate selama jangka waktu kredit.
 
PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) bersama pemerintah melalui Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) menyediakan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dengan suku bunga dasar terendah hingga 8,15% fixed rate selama jangka waktu kredit.

Direktur Utama Bank BTN, Iqbal Latanro mengungkapkan mulai 1 Oktober 2010 pihaknya mulai melakukan realisasi kredit bagi permohonan kredit untuk masyarakat berpenghasilan rendah dengan fasilitas FLPP.

"Kami menyambut positif atas dukungan dan kesiapan dari semua pihak dalam mempercepat proses realisasi FLPP ini. Ini merupakan momen yang sangat baik dan ditunggu banyak pihak terkait dengan bisnis pembiayaan perumahan," ujar Iqbal dalam penandatanganan akad perjanjian kredit FLPP, di Kantor Cabang Utama BTN, Jalan Sudirman, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (01/10/2010).

Menurut Iqbal, FLPP dipastikan akan dapat mendongkrak kapasitas Bank BTN dalam menyalurkan kredit.

"Dengan skim baru pembiayaan KPR bersubsidi ini, Pemerintah akan menyediakan 60% sumber pendanaan KPR dalam bentuk penempatan dana di Bank BTN," paparnya.

Iqbal menambahkan, dengan komposisi 60-40% ini berarti Bank BTN memiliki kapasitas yang lebih besar untuk melakukan ekspansi kredit.

"Ini berarti pula membawa peluang yang cukup besar bagi terbukanya peluang bagi masyarakat yang akan memanfaatkan KPR untuk membeli rumah melalui skim FLPP," jelasnya.

Lebih jauh Iqbal mengatakan, FLPP juga menjadi solusi dalam menjawab kesenjangan dana yang sering terjadi selama ini dalam pembiayaan perumahan melalui skim KPR.

"Ini karena penempatan dana dalam skim FLPP disesuaikan agar fully match dengan jangka waktu KPR yang diberikan dengan maksimal 15 tahun. Skim FLPP akhirnya juga mendorong terciptanya besaran suku bunga yang relatif rendah," tegasnya.

"Hal Ini karena dana Pemerintah yang ditempatkan di Bank BTN untuk skim FLPP diberikan bunga yang sangat rendah. Dengan cost of fund atau biaya dana yang sangat murah, dipastikan suku bunga KPR bagi masyarakat akan sangat rendah. Dari komposisi yang ada, FLPP dapat menekan suku bunga KPR menjadi 8,15% fixed rate selama jangka waktu kredit," imbuh Iqbal.

Skim FLPP yang ditetapkan oleh Menpera, sambung Iqbal akan memberikan banyak kemudahan. Salah satunya yakni jangka waktu subsidi yang lebih panjang dengan suku bunga lebih rendah yang berlaku fixe rate selama masa kredit.

"Harga rumah bebas dengan kredit sesuai batas maksimal KPR yang diberikan. Secara umum masyarakat banyak diuntungkan dalam skim FLPP ini," tegas Iqbal.
(Herdaru Purnomo)
<< Back
Copyright © 2013 PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., All Rights Reserved
Menara Bank BTN, Jl. Gajah Mada No. 1, Jakarta 10130