Home  |  Tentang Kami  |  Produk  |  CSR  |  Unit Usaha Syariah  |  Hubungan Investor  |  Fasilitas Lainnya

BTN News


BTN Siap Terbitkan Obligasi dan KIK EBA

Sumber: Harian Kontan
21/01/2010
JAKARTA. Demi menggenjot target penyaluran kredit hingga Rp 20 triliun tahun ini, Bank Tabungan Negara (BTN) siap melakukan banyak aksi korporasi. Paling dekat, pada semester 12010 ini, BTN bakal menerbitkan obligasi dan kontrak investasi kolekttf efek beragun aset (KIK EBA). Untuk obligasi, menurut Direktur Utama BTN Iqbal Lantaro, nilainya sekitar Rp 1 sampai Rp 2 triliun. Sedangkan KIK EBA yang bakal terbit ditargetkan antara Rp 750 miliar sampai Rp 1 triliun. "Obligasi dan aset sekuritisasi berbasis kredit perumahan ini merupakan bagian dari sumber pendanaan ekspansi kredit BTN. Sumber lain berasal dari installment fee dan dana pihak ketiga (DPK).
 

"Obligasi dan KIK EBA selain untuk pendanaan juga untuk mengatasi masalah ma­turity mismatch" ujar Iqbal, kemarin (20/1). Maklum, te­nor kredit BTN rata-rata 15 tahun. Sedangkan sumber pendanaan di luar obligasi dan KIK EBA biasanya bertenor lebih pendek.

Soal pemilihan waktu di se­mester 1-2010 untuk menerbit­kan obligasi dan KIK EBA, Direktur BTN Sand Pardede punya jawaban. Menurut dia, semester I adalah waktu yang tepat untuk menerbitkan produk pasar modal ini.

Soalnya, sampai akhir se­mester 12010, Bank Indonesia (BI) belum akan menaikkan tingkat bunga acuan (BI rate).

Nab, karena tingkat bunga obligasi dan KIK EBA bakal naik seiring kenaikan BI rate, maka makin cepat dua instrumen itu terbit, ongkos penerbitan semakin murah.

Kembali ke kinerja, bank yang baru saja listing di pasar modal ini menargetkan penyaluran kredit Rp 20 triliun tahun ini. Artinya, BTN menar­getkan pertumbuhan kredit antara 25%-30%. Sampai akhir tahun 2009, penyaluran kredit BTN mencapai Rp 16 miliar.

Total outstanding kredit BTN di akhir 2009 mencapai lebih dari Rp 40 triliun. Angka ini naik dari outstanding 2008 sebesar Rp 32,03 triliun. "Per­tumbuhan kredit BTN memang di atas rata-rata industri, bisa mencapai 27%-28%," ujar Iqbal.

Untuk target laba bersih ta­hun ini, BTN membidik kena­ikan 15% dari pencapaian laba bersih tahun lalu. Adapun per tumbuhan laba bersih BTN tahun 2009 diperkirakan seki­tar 10%-15%.

Herry Prasetyo, Andri Indradie

<< Back
Copyright © 2013 PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., All Rights Reserved
Menara Bank BTN, Jl. Gajah Mada No. 1, Jakarta 10130