Home  |  Tentang Kami  |  Produk  |  CSR  |  Unit Usaha Syariah  |  Hubungan Investor  |  Fasilitas Lainnya

BTN News


BTN Siapkan KPR untuk ASABRI Rp 2,64 Triliun

Sumber: Investor Daily, 24 Mei 2011
25/05/2011
PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. menganggarkan dana minimal Rp 2,64 Triliun untuk penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR), anggota PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ASABRI). Kredit pemilikan rumah tersebut diberikan melalui program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).
 
PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. menganggarkan dana minimal Rp 2,64 triliun untuk penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR), anggota PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ASABRI). Kredit pemilikan rumah tersebut diberikan melalui program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

"Dari 120 ribu unit rumah yang ditargetkan dibiayai untuk FLPP, sekitar 40% akan dialokasikan untuk anggota ASABRI," kata Direktur Utama BTN Iqbal Latanro pada acara penandatanganan kerja sama dengan ASABRI di Jakarta, Senin (24/5).

Iqbal mengungkapkan, penyaluran KPR untuk anggota ASABRI akan diberikan dalam bentuk FLPP. Sebab, mereka dinilai layak untuk mendapatkan fasilitas tersebut. Pembiayaan FLPP tersebut sekitar Rp 55-85 juta per unit rumah.

BTN menargetkan mampu membiayai FLPP sebanyak 48 ribu unit rumah untuk anggota ASABRI atau 40% dari target penyaluran FLPP. Dengan demikian, total dana yang disalurkan BTN untuk pembiayaan kredit perumahan anggota ASABRI bakal mencapai Rp 2,64 triliun.

"Program ini nannnya membantu prajurit dan pensiunan prajurit yang belum memiliki rumah. Mereka layak mendapatkan FLPP," kata Iqbal.

Direktur Utama ASABRI Adam R Damiri mengatakan, dari 845 ribu prajurit yang menjadi anggota ASABRI, 75% di antaranya belum memiliki rumah. Melalui program FLPP, anggota ASABRI akan mendapat fasilitas KPR dengan bunga di bawah 10% dan jangka waktu pelunasan hingga 15 tahun.

Penyaluran FLPP BTN dilakukan melalui empat produk, yaitu KPR Sejahtera Tapak, KPR Sejahtera Susun, KPR Sejahtera Syariah Tapak, dan KPE Sejahtera Rusun. FLPP merupakan program pemerintah melalui Kemeriterian Perumahan Rakyat (kemenpera) untuk penyediaan fasilitas kredit pemilikan rumah (KPR).

Membantu Masyarakat

Program tersebut dirancang untuk membantu masyarakat berpendapatan rendah dan menengah agar dapat memiliki hunian. Fasilitas tersebut menjanjikan tingkat suku bunga 8,15-9,95%, dan bersifat tetap dengan jangka waktu kredit hingga 15 tahun.

Sampai akhir Maret 2011, BTN telah membiayai 24 ribu unit rumah melalui program ini, setara Rp 942 miliar. Nilai tersebut bar u 15,7% dari target penyaluran FLPP perseroan tahun ini sebesar Rp 6 triliun.

Selain fasilitas FLPP, ujar Iqbal, BTN menyediakan layanan perbankan untuk ASABRI. Perseroan akan menyediakan produk dan layanan kepada para anggota ASABRI, baik yang masih aktif maupun telah pensiun.

"Penggunaan produk dan layanan BTN tidak terbatas pada produk seluruh produk dana dan kredit," ujar dia.

Melalui kerja sama yang dijalin, kedua pihak juga akan memanfaatkan teknologi informasi berupa host to host Layanan ini bergiina untuk pembayaran santunan dan penisun anggota ASABRI. ASABRI juga akan menyalurkan pembayaran manfaat santunan dan pensiunan anggota perseroan melalui rekening tabungan BTN. (epa)
<< Back
Copyright © 2013 PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., All Rights Reserved
Menara Bank BTN, Jl. Gajah Mada No. 1, Jakarta 10130