Home  |  Tentang Kami  |  Produk  |  CSR  |  Unit Usaha Syariah  |  Hubungan Investor  |  Fasilitas Lainnya

BTN News


BTN Siapkan Penerbitan Obligasi Rp 2 T

Sumber: Investor Daily, 28 Maret 2011
04/04/2011
PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) mempersiapkan rencana penerbitan obligasi sebesar Rp 2 triliun pada 2011. Penerbitan obligasi untuk mendukung ekspansi kredit perseroan tahun ini yang ditargetkan tumbuh sekitar 25-30%.

 
PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) mempersiapkan rencana penerbitan obligasi sebesar Rp 2 triliun pada 2011. Penerbitan obligasi untuk mendukung ekspansi kredit perseroan tahun ini yang ditargetkan tumbuh sekitar 25-30%.

"Tahun ini, kami berencana menerbitkan obligasi Rp 2 triliun. Rencana tersebut sudah dalam proses, tinggal menunggu waktu yang tepat untuk menerbitkannya. Kami berharap kupon obligasi tersebut di bawah 10%," kata Direktur Utama BTN Iqbal Latanro di Jakarta, akhir pekan lalu.

Iqbal menjelaskan, obligasi tersebut juga akan digunakan untuk menutupi obligasi yang akan jatuh tempo tahun ini. Obligasi yang akan jatuh tempo tersebut nilainya di bawah Rp 1 triliun.

Sebelumnya, bank pelat merah ini telah menerbitkan sebanyak 14 obligasi. Dengan demikian, rencana penerbitan obligasi tahun ini merupakan yang ke-15. Tiga obligasi terakhir telah diterbitkan pada 2006, 2009, dan 2010. Perseroan juga memiliki obligasi rekap sekitar Rp 7 triliun, yang sebagian besar diperdagangkan dengan porsi kecil.

Terkait ekspansi bisnis, pihaknya melihat berbagai kesempatan untuk membiayai proyek-proyek secara sindikasi. "Jika ada proyek yang bagus, tentu kami siap untuk sindikasi," jelas dia.

Sementara itu, manajemen perseroan tengah memikirkan rencana penurunan dividen tahun ini dalam rangka memperkuat rasio kecukupan modal (capital adequacy ratio/CAR). Tahun lalu, dividen BTN sekitar 35%. Sedangkan tahun ini diharapkan bisa lebih rendah dari 35%.

Penurunan dividen tersebut, secara langsung akan memperkuat CAR. Apabila CAR perseroan kuat, kemampuan ekspansi bisnis berpotensi lebih besar. Iqbal menilai, hal tersebut merupakan kebijakan yang sangat bagus untuk intermediasi perbankan.

Mengenai penguatan CAR tersebut, Iqbal menambahkan, BTN akan mempertahankan CAR di atas 15% tahun ini. CAR perseroan per 30 September 2010 berada pada level 17%, dibandingkan periode sama tahun sebelumnya yakni 15,15%. (c13)
<< Back
Copyright © 2013 PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., All Rights Reserved
Menara Bank BTN, Jl. Gajah Mada No. 1, Jakarta 10130