Eng Ind
Home > BTN Info > Info > Berita BTN > BTN Tawarkan Bunga KIK-EBA 9,25%

BTN Tawarkan Bunga KIK-EBA 9,25%

04/01/2011
Produk kontrak investasi kolektif-efek beragun aset (KIK-EBA) PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) menawarkan tingkat bunga sebesar 9,25% dengan masa jatuh tempo sekitar 5,35 tahun.

Produk kontrak investasi kolektif-efek beragun aset (KIK-EBA) PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) menawarkan tingkat bunga sebesar 9,25% dengan masa jatuh tempo sekitar 5,35 tahun.

'Tingkat bunga lebih rendah dibandingkan KIK-EBA sebelumnya seiring dengan terus membaiknya kondisi perekonomian nasional,' ujar Direktur Utama BTN Iqbal Latanro seusai pencatatan KIKEBA BTN di Jakarta kemarin. Pada KIK-EBA BTN kali ini,jumlah emisi yang diperdagangkan adalah senilai Rp 750 Miliar. Dana yang berhasil dihimpun akan dipergunakan untuk ekspansi kredit perumahan rakyat. Pada 2011 mendatang, Iqbal menargetkan terjadi pertumbuhan kredit antara 25% hingga 30% dari total kredit 2010.Pada 2010 ini, BTN telah memberikan kredit hingga Rp. 20 Triliun.

'Kita berencana menerbitkan KIK EBA di atas Rp. 1 Triliun di 2011,' jelas dia. Dengan transaksi ini, lanjut Iqbal, BTN sebagai kreditor telah memiliki alternatif pendanaan jangka panjang sesuai dengan karakter produk KPR. Ini merupakan alternatif pendanaan yang akan menjadi solusi dalam mendukung program perumahan nasional. 'BTN secara prinsip telah menyiapkan aset-aset KPR yang sehat dan memenuhi syarat untuk dapat dilakukan sekuritisasi,' katanya.

Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Ito Warsito mengatakan, produk baru ini membuat nilai kapitalisasi KIK-EBA yang dikeluarkan BTN menjadi Rp. 1,2 Triliun. Meningkatnya nilai kapitalisasi akan meningkatkan likuiditas dari produk tersebut. 'Investor pun akan semakin mengenal produk ini,' tutur dia.Investor,kata Ito, tidak perlu khawatir karena produk ini telah mendapatkan sertifikat idAAA dari Pefindo. (hermansah)