Home  |  Tentang Kami  |  Produk  |  CSR  |  Unit Usaha Syariah  |  Hubungan Investor  |  Fasilitas Lainnya

BTN News


BTN Terbitkan Obligasi untuk Biayai Perumahan

Sumber: Pikiran Rakyat, 08 Juni 2011
20/06/2011
PT Bank Tabungan Negara Tbk. (BTN) menerbitkan obligasi dengan nama Obligasi XV senilai Rp 2 triliun berjangka waktu 10 tahun. Hasil penjualan obligasi dengan bunga 8,625-9,175 persen itu akan dimanfaatkan untuk pembiayaan kredit pemilikan rumah (KPR) dalam program fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP).

 
PT Bank Tabungan Negara Tbk. (BTN) menerbitkan obligasi dengan nama Obligasi XV senilai Rp 2 Triliun berjangka waktu 10 tahun. Hasil penjualan obligasi dengan bunga 8,625-9,175 persen itu akan dimanfaatkan untuk pembiayaan kredit pemilikan rumah (KPR) dalam program fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP).

"Dana yang diperoleh dari hasil emisi obligasi ini seluruhnya akan dipergunakan sebagai sumber pembiayaan kredit perumahan," kata Wakil Direktur Utama BTN Evi Firmansyah di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Selasa (7/6).

Evi mengatakan, pertumbuhan kredit Bank BTN sangat tinggi sekitar 27 persen sehingga membutuhkan pendanaan yang sangat besar, terutama pembiayaan FLPP yang tahun ini membutuhkan dana Rp 2,4 Triliun. "FLPP tahun ini untuk BTN Rp 6 Triliun, yang didanai BTN sendiri Rp 2,4 Triliun, dan dana dari pemerintah Rp 3,6 Triliun," katanya.

Disebutkannya, penerbitan obligasi itu merupakan salah satu rencana pengumpulan dana yang tercantum dalam rencana kerja dan anggaran perusahaan. Sementara pendanaan lain berasal dari sekuritisasi tagihan KPR dan transaksi repo tagihan KPR bersama SMF.

Evi mengatakan, yakin Obligasi XV ini akan terserap pasar karena telah mendapatkan rating idAA dari Pefindo, yang mencerminkan kondisi keuangan BTN yang kuat dengan potensi besar di masa mendatang.

Direktur Keuangan BTN Saut Pardede menambahkan bahwa penerbitan obligasi dibutuhkan untuk membiayai kredit perumahan yang berjangka waktu panjang. Dengan obligasi ini, pembiayaan KPR akan semakin kuat, meski BTN juga akan mendorong penguatan kredit non-KPR lainnya.

Saat ini, KPR masih mendominasi kredit BTN dengan cakupan sekitar 90,9 persen, tetapi ke depan BTN akan mengusahakan porsi KPR dan non-KPR sebesar 85:15 persen. "Tahun ini, kita usahakan komposisinya bisa 89:11 persen, tetapi 2012 akan diupayakan mencapai 85:15 persen," kata Saut. (A-yS)***
<< Back
Copyright © 2013 PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., All Rights Reserved
Menara Bank BTN, Jl. Gajah Mada No. 1, Jakarta 10130