Home  |  Tentang Kami  |  Produk  |  CSR  |  Unit Usaha Syariah  |  Hubungan Investor  |  Fasilitas Lainnya

BTN News


BTN dan Mandiri Sinergi Terbitan Kartu Kredit

Sumber: Investor Daily, 09 Desember 2010
22/12/2010
PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) bekerja sama dengan PT Bank Mandiri Tbk (Bank Mandiri) menerbitkan kartu kredit merek bersama (co-branding). Menurut rencana, produk ini akan diluncurkan pada Januari 2011.

 
PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) bekerja sama dengan PT Bank Mandiri Tbk (Bank Mandiri) menerbitkan kartu kredit merek bersama (co-branding). Menurut rencana, produk ini akan diluncurkan pada Januari 2011.

"Dengan peluncuran ini kami berharap, nasabah dapat menggunakan kartu kredit BTN dan untuk meningkatkan fee based income perseroan," ujar Direktur Utama BTN Iqbal Latanro pada penandatanganan kerja sama dengan Direktur Utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini di Kantor Kementerian BUMN, Rabu (8/12).

Iqbal menjelaskan, peluncuran kartu kredit melalui pola kerja sama co-branding ditojukan untuk mengoptimalkan potensi pengembangan bisnis melalui basis data (data base) nasabah bank BTN. "Selain itu juga akan meningkatkan efisiensi biaya dan mempercepat penetrasi produk ke pasar," ujar dia.

Selain faktor efisiensi, menurut Iqbal, kerja sama co-branding khususnya dengan Bank Mandiri juga didorong karena bank BUMN tersebut telah memiliki reputasi dan peng alaman dalam bisnis kartu kredit.

"Untuk menjadi penerbit kartu kredit kami membutuhkan waktu yang panjang dan membutuhkan investasi yang besar. Proses penunjukan Bank Mandiri memang selain dari sisi sinergi, juga karena dari beauty contestmereka lebih baik," ujar Iqbal.

Direktur Consumer Banking BTN Irman A Zahiruddin menambahkan, sebelum memilih Bank Mandiri sebagai mitra kerja, perseroan sudah melakukan beauty contest terhadap 16 bank baik dari dalam dan luar negeri. "Nantmya Bank Mandiri akan bertindak sebagai pengelola operasional dan manajemen risiko kartu kredit dan BTN yang akan menerbitkan dan menjualnya," ungkap dia.

la mengatakan, dalam penjualan produk baru ini, pihaknya akan fokus kepada nasabah BTN yang mencapai enam juta orang tanpa melupakan nasabah baru. "Tahun depan kami akan menargetkan penerbitan kartu kredit sekitar 50 ribu kartu, itu harapan kami," ujar Irman.

Irman memaparkan, kartu kredit co-branding ini akan diterbitkan dalam tiga jenis, yakni platinum (plafon di atas Rp 40 juta), gold (plafon Rp 40 juta), dan silver (plafon Rp 8 juta). la optimis dengan potensi perolehan dari bisnis kartu kredit. "Dalam lima tahun kedepan, harapan kami, fee based income dari kartu kredit bisa mencapai Rp 100 miliar," kata dia.

Sementara itu, Zulkifli menyatakan, pihaknya memang sudah berpengalaman sebagai partner strategis dalam kerja sama co-branding kartu kredit. "Dengan pengalaman dan kemampuan yang kami miliki, Bank Mandiri berharap dapat memberikan dukungan yang maksimal bagi kartu kredit co-branding BTN," katanya.

la mengatakan Bank Mandiri sudah berkecimpung dalam bisnis kartu kredit sejak 2000 lalu. "Hingga November 2010, kami sudah menerbitkan sebanyak 1,9 juta kartu kredit dan memiliki merchant partner lebih dari 2000 yang tersebar di seluruh Indonesia," tutur Zulkifli (c03)
<< Back
Copyright © 2013 PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., All Rights Reserved
Menara Bank BTN, Jl. Gajah Mada No. 1, Jakarta 10130