Home  |  Tentang Kami  |  Produk  |  CSR  |  Unit Usaha Syariah  |  Hubungan Investor  |  Fasilitas Lainnya

BTN News


BTN tak ubah orientasi bisnis

24/09/2003
 
JAKARTA ( Bisnis ): BTN mulai mengembangkan produk- produk consumer yang berbau teknologi. Di antaranya peluncuran kartu debit yang menggandeng Kartuku. Lantas bagaimana dengan bisnis inti yang selama ini digeluti BTN, yakni sektor perumahan. Berikut wawancara cara Bisnis dengan Freddy Saiya, managing Director BTN, mengenai perubahan paradigma itu. Selama ini BTN dikenal sebagai bank KPR.Namun, belakangan manajemen BTN merencanakan untuk merubah paradigma itu dengan mulai memperkenalkan produk-produk consumer. Bisa dijelaskan latar belakang keputusan tersebut? BTN pada dasarnya tidak mengubah orientasi bisnisnya. Artinya, tetap pada bisnis pembiayaan industri perumahan. Hal ini telah ditegaskan dalam Rencana bisnis BTN Tahun 2003-2007 bahwa visi BTN adalah" Bank Perumahan- tempat yang dicari untuk pinjaman rumah". Bisnis di bidang ritel juga merupakan bisnis yang ditekuni selama ini. Sejak 1976 sampai sekarang, BTN berhasil menyalurkan kredit kepada lebih dari 2 juta debitor, yang lebih dari 90%-nya adalah debitor perorangan (ritel). Di sektor pendanaan, melayani nasabah ritel juga bukan barang baru lagi BTN, karena bank ini telah memiliki produk-produk ritel seperti tabungan dan deposito sejak lama. Total penabung, termasuk yang melalui loket kantor pos, mencapai 3,5 juta penabung. Kondisi-kondisi di atas membuktikan bahwa bidang ritel bukan hal yang baru bagi BTN. Apa yang menyebabkan timbulnya pemikiran BTN akan mengubah paradigma? Mungkin karena kurangnya publikasi maupun promosi dari sisi kreditnya, yaitu sebagai bank penyalur KPR. Promosi maupun pengembangan produk dana selama ini memang sangat kurang karena terkait dengan masih kurang optimalnya dukungan teknologi informasi. Promosi tidak akan optimal bila produk yang ditawarkan kurang memiliki daya saing dibandingkan dengan produk pesaing. Penambahan daya saing produk tidak akan optimal bila infrastruktur kurang mendukung. Artinya, ketika BTN akan meningkatkan promosi berarti terjadi pula  peningkatan teknologi. Apa bentuk pengenalan teknologi dalam produk-produk BTN? Masalah ini sebenarnya terselesaikan dengan adanya sistem online real time untuk mendukung transaksi perbankan di BTN. Proses-proses manual sudah tidak ada lagi dan pengembangan produk-produk yang berbasis pada keunggulan teknologi dapat segera dilakukan. Proses online real time dimulai Juli 2001 dan berlaku di seluruh kantor BTN Oktober 2002. Sejak saat itu  produk dan fasilitas- fasilitas baru BTNsegera diluncurkan. Produk Tabungan Haji Nawaitu (dilengkapi dengan fasilitas kredit haji), Kredit Real Cash (standby loan yang dikaitkan dengan jaminan berupa kredit lain di Bank BTN), Tabungan Batara Prima (tabungan pertama yang menawarkan bonus bunga), fasilitas pembayaran tagihan telepon, pembayaran tagihan listrik, transferantar rekening melalui ATM dapat diluncurkan tahun 2002. Tapi apakah itu cukup dalam  menghadapi persaingan di industri perbankan? Produk apa lagi yang akan  diperkenalkan BTN? Begini, pengembangan produk tetap berlanjut tahun ini.  Salah satu diantaranya adalah fasilitas kartu debit dalam melakukan transaksi pada merchant. dalam meyediakan fasilitas ini, BTN memilih Kartuku. Apa pertimbangan BTN memilih Kartuku sebagai mitra? Pertimbangan utama adalah bisnis kartu bukanlah area bisnis yang menjadi kompetensi BTN sebagai  institusi bank. ini karena  banyak pihak terkait dalam bisnis ini, baik dari sisi pengelolaan merchant dan operasional maupun dari sisi teknologi informasi. Pertimbangan lainnya adalah sisi finansial, dimana model bisnis outsourcnig menghasilka angka yang lebih efisien dibandingkan dengan model pengelolaan  sendiri. Kartuku dipilih karena jaringan  yang dimiliki sesuai dengan karakteristik nasabah BTN, Kartuku adalah perusahaan independen (dari sisi  brand). Selain itu, Kartuku akan selalu mendukung kegiatan promosi BTN  yang bertujuan meningkatkan  jumlah pemegang kartu serta penggunaan kartu. Pengembangan produk  ini akan dilanjutkan dengan  pengembangan produk lainnya yang dibutuhkan oleh nasabah BTN.
<< Back
Copyright © 2013 PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., All Rights Reserved
Menara Bank BTN, Jl. Gajah Mada No. 1, Jakarta 10130