Home  |  Tentang Kami  |  Produk  |  CSR  |  Unit Usaha Syariah  |  Hubungan Investor  |  Fasilitas Lainnya

BTN News


Bank BTN Dorong Penabung Kecil

Sumber: Kompas
02/11/2009
JAKARTA. KOMPAS - Bank BTN dan Institut Bank-bank Tabungan Dunia atau WSBI menjalin kerja sama dalam program peningkatan jumlah penabung dari masyarakat berpenghasilan rendah di Indonesia. Tujuannya untuk pengentasan masyarakat dari kemiskinan.
 
"Program ini akan membantu masyarakat berpenghasilan rendah membangun stabilitas keuangan keluarga dan sebagai salah satu penopang ekonomi nasional Indonesia," kata Direktur Utama BTN Iqbal Latanro di Jakarta, Minggu (1/11), seusai penandatanganan kerja sama.

WSBI memilih Bank BTN setelah melalui serangkaian penilaian proposal dalam kompetisi internasional yang mengangkat tema peningkatan akses layanan keuangan bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Ada 10 bank dari berbagai negara yang terpilih dalam program WSBI itu, antara lain Indonesia, Kenya, Tanzania, Uganda, Afrika Selatan. Burkina Faso, Lesotho, Maroko, El Salvador, dan Vietnam.

Semua bank anggota WSBI yang terpilih umumnya punya jaringan operasional yang luas dan berpengalaman dalam melayani masyarakat bawah.

"Kami tertarik dan menyambut gembira atas prakarsa untuk bekerja sama dengan WSBI yang mempunyai tujuan sangat mulia. Ini adalah gerakan moril yang sangat positif dan perlu didukung oleh semua pihak," ujar Iqbal

Riset Bank Dunia menunjukkan bahwa mobilisasi tabungan dapat membantu masyarakat berpenghasilan rendah untuk keluar dari kemiskinan. Terlepas dari nilai simpanannya, tabungan ini dapat dimanfaatkan untuk berjaga-jaga dari kebutuhan tidak terduga, persiapan pendidikan, dan membangun stabilitas keuangan dalam rangka memutus mata rantai kemiskinan.

Banyak anggota WSBI yang tertarik ikut dalam kegiatan ini Beberapa di antaranya akan berupaya mengurangi biaya tabungan secara signifikan, misalnya melalui peningkatan sistem teknologi informasi

Direktur WSBI Chris De Noose mengatakan, "Bank tabungan di seluruh dunia berperan aktif dalam menyediakan layanan keuangan bagi masyarakat"

Menurut dia, program kerja sama ini merupakan momen yang baik karena dapat mengajak Bank BTN yang fokus pada bisnis pembiayaan perumahan bagi masyarakat menengah bawah untuk meningkatkan pelayanan keuangan sekaligus keamanan sistem keuangan. (FAJ/PPG ANTARA)
<< Back
Copyright © 2013 PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., All Rights Reserved
Menara Bank BTN, Jl. Gajah Mada No. 1, Jakarta 10130