Home  |  Tentang Kami  |  Produk  |  CSR  |  Unit Usaha Syariah  |  Hubungan Investor  |  Fasilitas Lainnya

BTN News


Jamsostek Bakal Mensubsidi Pinjaman Nasabah BTN

Sumber: Kontan Harian
22/06/2010
Ada kabar gembira bagi para peserta program Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek). Sebentar lagi PT Jamsostek akan memberikan subsidi bagi peserta Jams­ostek yang mengajukan Pinjaman Renovasi Rumah Kerjasama Bank (PRR-KB) di Bank Tabungan Negara (BTN).
 
Ada kabar gembira bagi para peserta program Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek). Sebentar lagi PT Jamsostek akan memberikan subsidi bagi peserta Jams­ostek yang mengajukan Pinjaman Renovasi Rumah Kerjasama Bank (PRR-KB) di Bank Tabungan Negara (BTN).
Jamsostek akan menempatkan sejumlah dana di rekening giro Jamsostek yang ada di BTN. "Kami akan mensubsidi 50% dari nilai pinjaman atau maksimal Rp 30 juta," kata Hotbonar Sinaga, Direktur Utama Jamsostek, saat penandatangan kerjasama tersebut, Senin (21/6). Dana subsidi PRR-KB ini diberikan untuk pinjaman jangka panjang selama 10 tahun dengan tingkat suku bunga 6% per tahun.
Tetapi, Jamsostek juga tidak bakal sembarangan memberikan subsidi ini. Hotbonar bilang, peserta program Jams­ostek yang berminat harus memenuhi beberapa syarat.
Pertama, jangka waktu kepesertaan Jamsostek minimal lima tahun. Kedua, sudah melunasi pinjaman uang muka perumahan (PUMP). Ketiga, upah atau penghasilan maksi­mal mencapai Rp 15 juta per bulan. Nah, kalau Anda merasa sudah memenuhi persyaratan tersebut, silakan meng­ajukan PRR-KB ke BTN.
Tanah dan rumah yang akan direnovasi harus milik pekerja sendiri. "Ini dibuktikan de­ngan surat pernyataan bermaterai cukup dari peserta Jams­ostek," kata Hotbonar.
Selain peserta perseorangan, perusahaan peserta atau koperasi karyawan yang ingin mendapatkan PRR-KB dapat mengajukan permohonan. Syaratnya, terdaftar sebagai peserta Jamsostek minimal dua tahun.
Wakil Direktur Utama Bank BTN Evi Firmansyah mengatakan, skemaperjanjian kerja­sama ini adalah memberikan pinjaman kepada peserta Jamsostek untuk melakukan renovasi rumah. "Skema ini sama saja dengan memberi­kan pinjaman uang muka un­tuk renovasi rumah," jelasnya. la menambahkan, pinjaman ini tidak berlaku untuk anggota Jamsostek yang belum memiliki rumah.
Evi bilang, BTN memilih Jamsostek sebagai mitra karena perusahaan pengelola duit para pekerja tersebut memiliki 28 juta peserta. Alhasil, BTN bisa memperluas pasar penyaluran kredltnya kepada ribuan peserta program Jams­ostek. "Kerjasama ini merupakan sinergi antar BUMN yang akan memberikan nilai tambah bagi kami," terang Evi. Jamsostek kini mengelola sedikitnya Rp 70 triliun dana para pekerja. Raymond Reynaldi, Roy F.
<< Back
Copyright © 2013 PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., All Rights Reserved
Menara Bank BTN, Jl. Gajah Mada No. 1, Jakarta 10130