Home  |  Tentang Kami  |  Produk  |  CSR  |  Unit Usaha Syariah  |  Hubungan Investor  |  Fasilitas Lainnya

BTN News


Jamsostek Siap Akuisisi Lima Bank

Sumber: Jawa Pos
07/01/2010

Alokasikan Dana Investasi Rp 800 M

PT Jamsostek (Persero) terus mematangkan rencana mereka untuk mengakuisisi sejumlah bank, khususnya yang berbasis syariah. Langkah yang sudah mereka tempuh adalah menandatangani perjanjian pendirian perusahaan patungan dengan Islamic Cooperation for Development (ICD) dari Timur Tengah untuk membentuk Jamsostek Investment Company. JIC itulah yang nanti melakukan review dan akuisisi bank-bank syariah.
 

 

 

"Saat ini, total ada lima bank yang kami jajaki untuk diakuisisi,'' kata Direktur Investasi Jamsostek Elvyn G. Massassya di Jakarta, kemarin (6/1). Lima bank tersebut adalah Divisi Syariah PT Bank Negara Indonesia (BNI Syariah), Unit Syariah PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN), PT Bank Syariah Bukopin, PT Bank Agro Tbk, dan PT Bank Muamalat.

Elvyn mengatakan, pada 2010 pihaknya telah menyiapkan dana Rp 800 miliar untuk direct investment (investasi langsung) ke berbagai produk investasi. Sebagian dari dana itu digunakan untuk akuisisi salah satu bank yang telah di-review oleh JIC. ''Nanti semuanya atas nama JIC, termasuk penerbitan sukuk dan proses review," ujarnya.

Dia mengungkapkan, dana investasi sebesar Rp 800 miliar akan dikelola dalam sebuah holding, yakni Jamsostek Incorporated. Di dalamnya akan terdapat Jamsostek Investment Company, perbankan, layanan kesehatan, service management, health provider, dan re-asuransi. Perusahaan tersebut diharapkan mulai beroperasi penuh pada kuartal I-2010 dan berkantor di Jakarta. "Modal JIC pada 2-3 tahun mendatang ditargetkan meningkat menjadi Rp 5 triliun," katanya.

Elvyn menambahkan, perusahaan juga akan menerbitkan sukuk atau menjajaki investor lain untuk meningkatkan permodalan. Bahkan dia mengklaim saat ini sudah ada beberapa investor dari manajer investasi dan individu, terutama dari Timur Tengah yang tertarik. "Ke depan, kami juga punya rencana untuk masuk ke proyek infrastruktur dan listrik," imbuhnya.

Rencana lain yang juga sedang dipertimbangkan jamsostek adalah mengambil bagian pada proses penawaran umum saham perdana atau initial public offering (IPO) PT Pembangunan Perumahan (PP). Rencana pembelian saham PP tersebut menjadi prioritas Jamsostek, termasuk privatisasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lain. ''Kami akan mengkaji, apakah harga saham perdananya wajar.'' (luq/fat)
<< Back
Copyright © 2013 PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., All Rights Reserved
Menara Bank BTN, Jl. Gajah Mada No. 1, Jakarta 10130