Home  |  Tentang Kami  |  Produk  |  CSR  |  Unit Usaha Syariah  |  Hubungan Investor  |  Fasilitas Lainnya

BTN News


KIK-EBA Terus Digeber

Sumber: Kontan Harian, 18 November 2011
22/11/2011
Produk Kontrak Investasi Kolektif Efek Beragun Aset (KIK-EBA) sen keempat terbitan Danareksa Investment Management, resmi dicatatkan di Bursa Efek Indonesia, kemarin (17/11).
 
Produk Kontrak Investasi Kolektif Efek Beragun Aset (KIK-EBA) sen keempat terbitan Danareksa Investment Management, resmi dicatatkan di Bursa Efek Indonesia, kemarin (17/11).

Instrumen investasi yang beraset dasar kredit pemilikan (KPR) milik Bank Tabungan Negara (BTN) ini menyerap dana Rp 703 Miliar. Meski nilai penyerapan di bawah target yang dipatok, penerbitan KIKEBA beraset dasar KPR milik BTN ini kemungkinan akan kembali digelar semester II-2012.

Evi Firmansyah, Wakil Direktur Utama BTN, menuturkan, total portofolio tagihan KPR milik bank pelat merah ini mencapai Rp 58 triliun, saat ini. Namun, jumlah yang' disekuritisasi baru sebesar Rp 2 Triliun.

Penerbitan KIK-EBA dalam seri lebih banyak juga dimaksudkan agar instrumen ini bisa memiliki acuan imbal hasil di pasar. Acuan baru terbentuk setelah lima tahun penerbitan KIK-EBA. "Jadi perlu ada penerbitan selama lima tahun berturut-turut untuk membentuk acuan tersebut," kata Evi, kemarin.

Penerbitan lebih banyak lagi seriseri KIK-EBA juga untuk memanfaatkan momentum suku bunga rendah saat ini. Penurunan BI rate akan mempengaruhi tingkat imbal hasil KIK-EBA yang harus diberikan kepada investor. Imbasnya, biaya dana yang ditanggung oleh BTN bisa lebih murah.

BTN kini tengah melobi Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan, agar investor dari industri asuransi diperbolehkan membeli KIK-EBA. Sejauh ini baru perusahaan asuransi pelat merah sajayang boleh masuk. "Kalau investornya diperbesar, tentu akan lebih bagus," kata Evi.

Zulfa Hendri, Direktur Utama DIM, juga berharap, ke depan investor KIK-EBA makin banyak sehingga produk ini makin likuid di pasar.
Wahyu Satriani
<< Back
Copyright © 2013 PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., All Rights Reserved
Menara Bank BTN, Jl. Gajah Mada No. 1, Jakarta 10130