Home  |  Tentang Kami  |  Produk  |  CSR  |  Unit Usaha Syariah  |  Hubungan Investor  |  Fasilitas Lainnya

BTN News


Kredit rumah tumbuh atraktif

Sumber: Bisnis Indonesia
29/10/2009
Subsidi uang muka bunga rendah jadi faktor pendorong

JAKARTA Pertumbuhan kredit pemilikan rumah (KPR) kelas menengah ke bawah kian atraktif, seiring
dengan iming-iming bunga rendah oleh perbankan meskipun hanya sebatas kredit bari dan berjangka fix setahun.
 
Direktur PT Bank Tabungan Negara (BTN) Saud Pardede mengatakan hingga pertengahan Oktober 2009 pertumbuhan KPR perseroan telah mencapai Rp 12 triliun yang ditopang oleh kredit bersubsidi.

"Pertumbuhan kredit KPR kami secara year to date mencapai Rp 12 triliun. Kami optimistis pada tahun ini bisa mencapai Rp16 triliun. Jadi, kami tidak mengoreksi proyeksi semula," ujarnya di Jakarta, kemarin.

Dia menjelaskan kegiatan kredit perumahan kebanyakan ditopang pada paruh pertama tahun ini, terutama untuk perumahan kelas menengah ke bawah dengan skema suku bunga subsidi pemerintah.

Namun, dia optimistis pada semester II/2009 pertumbuhan KPR tetap lebih besar meski permintaan sempat terhalang oleh musim Ramadan dan Lebaran. "Ya sisa target sebesar Rp4 triliun akan terpenuhi pada 3 bulan terakhir," katanya.

Menurut dia, manajemen menerapkan suku bunga di bawah 10% untuk menggaet nasabah baru. Pada
awal November ini bank pelat merah itu akan memangkas suku bunga KPR hingga sebesar 1,5%.

Direktur Retail Banking Bank CIMB Niaga Suhaimin Johan mengatakan kredit perumahan perseroan juga mengalami pertumbuhan sebesar Rp2 triliun. Namun, besarnya nilai pelunasan, portofolio KPR bank publik itu masih stagnan.

"KPR selama ini tak berhenti. Kami dalam 9 bulan booking sekitar Rp2 triliun. Tapi karena pembayaran angsuran besar, jadi seolah-olah flat. Outstanding kami masih sebesar Rpl2,8 triliun," paparnya.
(hendri.aswom® bisnis.aj.id)
<< Back
Copyright © 2013 PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., All Rights Reserved
Menara Bank BTN, Jl. Gajah Mada No. 1, Jakarta 10130