Home  |  Tentang Kami  |  Produk  |  CSR  |  Unit Usaha Syariah  |  Hubungan Investor  |  Fasilitas Lainnya

BTN News


Mekanisme Subsidi Langsung Rusunami Dirancang

Sumber: Koran Tempo
02/12/2009
JAKARTA - Menteri Perumahan Rakyat Suharso Monoarfa mengatakan pihaknya saat ini sedang merancang mekanisme pemberian subsidi langsung dan siapa yang berhak mendapatkannya untuk pembelian rumah susun sederhana milik (rusunami). "Kami sedang susun prosesnya nanti bagaimana. Yang jelas lewat mekanisme PSO (public service obligation atau tunjangan fasilitas publik)," kata dia kepada pers pekan lalu.
 
Ia menjelaskan, batasan penghasilan akan tetap dipakai untuk menentukan siapa yang berhak mendapatkan subsidi. Misalnya rumah layak huni diberikan kepada warga dengan penghasilan Rp 2,5 juta ke bawah, sedangkan rusunami ditujukan untuk warga berpenghasilan maksimal Rp 4,5 juta.

Sementara itu, distribusi subsidi akan tetap menggunakan mekanisme PSO dan akan melibatkan badan usaha milik negara. "Belum ditentukan (BUMN mana), tapi kalau PSO kan biasanya lewat BUMN, bisa BTN (Bank Tabungan Negara), atau lainnya," ujar Suharso.

Untuk menentukan siapa yang layak menerima subsidi, kata Suharso, Kementerian akan membuka kemungkinan kerja sama dengan pemerintah daerah. Dalam hal ini pemerintah daerahlah yang bertugas melakukan seleksi karena mereka dianggap lebih tahu.

Menurut data Badan Pusat Statistik, lebih dari 90 persen rakyat Indonesia yang bekerja saat ini memiliki penghasilan rata-rata Rp 2,5 juta. Sehingga pemerintah mungkin akan memperbanyak pembangunan rumah untuk sektor ini.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Negara Perumahan Rakyat Tito Murbaintoro mengungkapkan, Kementerian akan mengajukan tambahan subsidi perumahan sekitar Rp 300 miliar untuk periode sampai akhir 2009. Total jumlah subsidi yang dikucurkan untuk sektor perumahan akan mencapai Rp 1 triliun.

"Subsidi tahap pertama sebesar Rp 625 miliar sudah habis," kata dia. Tahun ini, penyerapan subsidi perumahan relatif rendah karena penurunan persediaan rumah susun sederhana milik, umuauw
<< Back
Copyright © 2013 PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., All Rights Reserved
Menara Bank BTN, Jl. Gajah Mada No. 1, Jakarta 10130