Home  |  Tentang Kami  |  Produk  |  CSR  |  Unit Usaha Syariah  |  Hubungan Investor  |  Fasilitas Lainnya

BTN News


Obligasi SMF Dapat Peringkat AA

Sumber: Investor Daily Indonesia
29/12/2009
JAKARTA - Obligasi PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) II-2009 senilai Rp 251 miliar memperoleh peringkat "AA" dari Fitch Ratings. Peringkat surat utang bertenor 370 hari itu sesuai ekspektasi Fitch sebelumnya. "Peringkat akhir obligasi SMF pada level "AA" tersebut sama dengan perkiraan rating pada 15 September 2009." jelas analis Fitch Ratings Julita Wikana dalam siaran persnya di Jakarta, belum lama ini.

 
SMF semula menetapkan nilai emisi obligasi II sekitar Rp 200 miliar. Namun, nilai itu dinaikkan menjadi 350 miliar dan kemudian akhirnya dipatok sebesar Rp 251 miliar. Dana hasil obligasi akan digunakan untuk mendanai penyaluran kredit kepemilikan rumah (KPR), yang merupakan bisnis inti SMF.

Direktur Utama SMF Erica Soetoro pernah mengatakan, dana hasil penjualan obligasi tersebut akan disalurkan kepada bank penyalur KPR antara lain PT Bank Tabungan Negara Tbk, PT BTN Syariah. PT Bank DKI. dan PT BNI Syariah. Selain itu. sejumlah perusahaan pembiayaan penyalur KPR juga bakal memperoleh dana dari SMF di antaranya PT Ciptadana Finance. Finansia Finance, dan Bhakti Finance.

 Obligasi SMF II-2009 terdiri atas dua seri, yakni seri A bertenor satu tahun dan seri B berjangka waktu tiga tahun. Kupon seri obligasi itu masing-masing dipatok 8,5-10,2%. Sebelumnya, SMF telah menerbitkan obligasi I-2009 senilai Rp 200 miliar. Surat utang berbunga tetap (fixed rate) 10.125% dengan tenor 370 hari itu memperoleh peringkat AA. (yoy)

<< Back
Copyright © 2013 PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., All Rights Reserved
Menara Bank BTN, Jl. Gajah Mada No. 1, Jakarta 10130