Home  |  Tentang Kami  |  Produk  |  CSR  |  Unit Usaha Syariah  |  Hubungan Investor  |  Fasilitas Lainnya

BTN News


Pasar Berharap pada Saham BTN

Sumber: Harian Seputar Indonesia
17/12/2009
JAKARTA (Sl)- Penguatan indeks harga saham gabungan (IHSG)diperkirakan berlanjut hari ini. Pasar akan digairahkan oleh masuknya saham PT Bank Tabungan Negara (BTN) yang hari ini resmi dicatatkan di Bursa Efek Indonesia (BEI). Selain itu, indeks juga akan mendapat sentimen positif dari bursa regional yang han ini diperkirakan juga menguat.
 
" Pasar akan terus menguat karena berbagai faktor, salah satu penyebabnya adalah pencatatan saham BTN," tutur analis Citi Pacific Securities Hendri Effendi kepada Seputar Indonesia.

Henri memaparkan, kondisi kondusif pasar regional juga turut berperan penting terhadap menguatnya IHSG. Indeks Asia kemarin yang menguat mencakup Nikkei 225 sebesar 93,93 menjadi 10.177,41 (0,93 persen) dan Straits Times terangkat 12,12 persen (0,43 persen)di posisi 2.810,82.

Pendapat berbeda dilontarkan Kepala Riset PT Erdikha Elit Securities Lanang Tnhardian yang memperkirakan IHSG terkoreksi pada perdagangan hari ini. Dia menilai reboundkemarin tidak mencerminkan keadaan pasar sebenarnya, sebab indeks masih dalam tren melemah. "Rebound kemarin dipengaruhi pasar Asia dan regional yang membaik. Namun, saya melihat tren pasar belum stabil. IHSG berpeluang turun lagi han ini," tuturnya.

Lanang menjelaskan, faktor utama yang akan menekan indeks adalah ketidakpercayaan investor terhadap penyelesaian kasus Bank Centuryyang masihterkatung-katung. Selain itu, investorjuga menahan diri untuk bertransaksi menjelang libur panjang pada pekan ini dana pekan depan. "Investor mulai jarang bertransaksi karena mengantisipasi banyaknya hari libur. Dibanding bulan sebelumnya, volume perdagangan jauh menurun," tuturnya.

Senada dengan Lanang, Kepala Riset PT Ciptadana Securities Franco Sutedjowidjojo memprediksi pasar hari ini masih sepi terpengaruh oleh libur panjang. Sebagai rekomendasi, dia menyarankan investor mengoleksi saham properti dan mengantisipasi berlanjutnya pelemahan saham-saham grup Bakrie, meski tidak sebesar hari-hari sebelumnya.

Pada perdagangan kemarin, IHSG ditutup naik 27,808 pom (1,11 %) ke level 2.522,545, setelah sempat tertekan pada awal perdagangan, (harley ikhsan)
<< Back
Copyright © 2013 PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., All Rights Reserved
Menara Bank BTN, Jl. Gajah Mada No. 1, Jakarta 10130