Home  |  Tentang Kami  |  Produk  |  CSR  |  Unit Usaha Syariah  |  Hubungan Investor  |  Fasilitas Lainnya

BTN News


Penjualan Properti Naik

Sumber: Republika
12/11/2009
Direktur Utama BTN. Iqbal Lantaro, yakin target pertumbuhan kredit 2009 sebesar 25 persen akan tercapai karena tren pembelian rumah di akhir tahun cenderung meningkat. Kondisi perekonomian yang mulai membaik akan berimbas pada sektor perumahan.
 
Saat ini kredit BTN sudah tersalurkan Rp 12 triliun atau tumbuh 17 persen. "Target kami Rp 16 triliun, dan saya yakin akan tercapai," kata Iqbal kepada Antara. Dari total kredit yang disalurkan, 95 persen merupakan KPR dan kredit industri properti.

Mulai turunnya suku bunga kredit juga menjadi daya tarik masyarakat untuk mengajukan kredit kepemilikan rumah (KPR). "Tahun ini kami sudah menurunkan bunga kredit lima kali dari 15 persen saat ini sudah berada di 12,5 persen," kata Iqbal yang juga menyatakan bahwa ruang penurunan suku bunga KPR masih memungkinkan.

Penelitian Procon Indah Research pada September 2009, pasokan baru perumahan di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) naik 80 persen dibanding kuartal sebelumnya. Tercatat 3.820 unit perumahan terbangun selama tiga bulan. Pasokan perumahan baru ini didominasi oleh perumahan kelas menengah yang sebagian besar di area Bekasi (44 persen) dan Bogor (23 persen).

"Naiknya pasar perumahan sejalan dengan menguatnya keyakinan para pengembang dan bunga pinjaman yang rendah. Pasokan baru dan penjualan meningkat secara nyata terutama di kelas menengah," kata Kepala Riset Procon, Utami Prastiana.

Penyerapan pun meningkat tajam sebesar 75 persen dari pasokan perumahan baru. Penjualan mencapai 2.560 unit dibanding kuartal II dengan penjualan hanya 1.400 unit. "Salah satu faktor meningkatnya penjualan karena turunnya bunga pinjaman KPR," tegas Utami. Suku bunga KPR sudah mulai turun menjadi 10-12,5 persen seiring turunnya BI Rate. Sebelumnya, bunga KPR berada di atas 14 persen.

<< Back
Copyright © 2013 PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., All Rights Reserved
Menara Bank BTN, Jl. Gajah Mada No. 1, Jakarta 10130