Home  |  Tentang Kami  |  Produk  |  CSR  |  Unit Usaha Syariah  |  Hubungan Investor  |  Fasilitas Lainnya

BTN News


Permudah Akses Kredit Rakyat

Sumber: Media Indonesia
10/11/2009
MENTERI Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa meminta Kementerian Koperasi dan UKM memperluas serta mempermudah akses pengusaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terhadap kredit usaha rakyat (KUR).
 
Untuk itu, Hatta memandang perlu ada satu pemecahan persoalan dalam akses dan perluasan linkage antara perbankan dan Lembaga Keuangan Mikro (LKM). "Karena pemerintah telah meningkatkan jaminan permodalan Rp2 triliun, artinya sektor koperasi dan UMKM bisa mengakses sampai Rp20 triliun dana yang tersedia setiap tahun. Dana ini harus tersalurkan dengan baik. Jadi, aksesibilitasnya ditingkatkan dan juga sistemnya diperbaiki," ujar Hatta saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Pemberdayaan Koperasi dan UKM, kemarin.

Terkait penyaluran KUR, perbankan swasta mengaku belum menerima ajakan pemerintah untuk menyalurkan KUR, yang lima tahun ke depan dipatok mencapai Rp100 triliun.

Padahal, banyak bank, di luar enam bank yang telah ditunjuk sebagai pelaksana KUR, siap menyalurkan KUR. Saat ini bank penyalur KUR adalah Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia, Bank Rakyat Indonesia, Bank Tabungan Negara, Bank Bukopin, dan Bank Syariah Mandiri.

"Kalau dijamin pemerintah sih, mau saja kita menyalurkan KUR. Akan tetapi, sampai sekarang belum ada ajakan dari pemerintah untuk menyalurkan KUR," ungkap Wakil Direktur Utama PT Bank Jasa Jakarta Lisawati.

Hal itu diperkuat data Bank Indonesia yang menunjukkan, dari total kredit bermasalah (non performing loan / NPL) UMKM di bank swasta Rp9,14 triliun, NPL terbesar disumbang kelompok menengah Rp4,27 triliun, kredit kecil Rp2,72 triliun. Adapun, segmen mikro justru membukukan angka terkecil Rp2,15 triliun. (Gun/Toh/E-1)
<< Back
Copyright © 2013 PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., All Rights Reserved
Menara Bank BTN, Jl. Gajah Mada No. 1, Jakarta 10130