Home  |  Tentang Kami  |  Produk  |  CSR  |  Unit Usaha Syariah  |  Hubungan Investor  |  Fasilitas Lainnya

BTN News


Setoran Dividen Bank BUMN 2010 Bakal Dipangkas

Sumber: Harian Ekonomi Neraca
17/12/2009
NERACA

Jakarta - Dengan alasan untuk memperkuat modal,BUMN perbankan bakal menikmati pengurangan setoran dividen kepada pemerintah di tahun depan. "Kalau memang itu (pengurangan dividen) memiliki prospek untuk pengembangan usaha, nanti kita coba lakukan pembahasan dengan Departemen Keuangan, itu bisa berpeluang (penurunan porsi dividen). Kita lihat case by case ya," tukas Menteri Negara BUMN Mustafa Abubakar usai di Jakarta, Selasa (15/12).
 
Menurut dia, dengan menguatnya modal bank BUMN maka diharapkan penyaluran kredit kepada sektor riil bisa lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya, terutama membantu pembangunan infrastruktur yang menjadi program fokus pemerintah di tahun 2010. "Saya kira itu bagus, karena memang nanti kita memperkuat infrastruktur dengan dana APBN dan dana pembiayaan dari bank yang lebih besar," jelasnya.

Meski belum menentukan penurunan porsinya, menurut Mustafa, setidaknya jumlah setorannya akan sama dengan tahun ini. Jadi, tidak ikut naik sebagaimana yang biasa terjadi di sejumlah BUMN, jumlah setorannya naik meski porsi tidak berubah.Hal ini karena laba bersihnya tumbuh dari tahun ke tahun.Tahun ini, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) telah menyetor dividen sebesar Rp 122 miliar atau 10 % dari laba bersih 2008 dengan interim sebanyak Rp 110,099 miliar. Sementara PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) menyetor dividen sekira Rp Rp 2,085 triliun atau 35% dari laba bersih 2008 dengan interim Rp 320,18 miliar.

Sedangkan PT Bank Mandiri Tbk menyetor dividen senilai Rp 1,85 triliun yang merupakan 35 % dari perolehan laba bersih 2008 dengan interim Rp 269,7 miliar, dan yang terakhir PT Bank Tabungan Negara (BTN) sudah menyetor dividen sebanyak Rp 400 miliar atau setara 10 persen dari laba bersih 2008.Sementara itu, pemerintah tetap mengandalkan 10 besar perusahaan milik negara atau BUMN untuk memenuhi setoran dividen kepada APBN yang ditetapkan sebesar Rp30 triliun pada 2010. "Tentu saja andalan utama kami tetap perusahaan besar antara lain Pertamina, BUMN perbankan," kata Mustafa.Pada 2010 pemerintah tagetkan setoran BUMN dalam bentuk dividen kepada APBN mencapai Rp30 triliun.

Selain Pertamina dan Bank BUMN, perusahaan pemerintah yang menjadi andalan menyetor dividen adalah PT Telkom, PT Perusahaan Gas Negara, PT Aneka Tambang, PT Batubara Bukit Asam, dan PT Semen Gresik.Sedangkan dari sisi sektor, yang memberi sumbangan besar adalah perkebunan, pertambangan, perbankan, dan pupuk. Khusus Pertamina, kata Mustafa, pada tahun ini mengalami penurunan keuntungan akibat merosot-nyaharga minyak."Tahun lalu Pertamina untung Rp30 triliun, tetapi tahun ini sekitar Rp20 triliun," katanya. Sementara itu PLN, mulai tahun ini mudah-mudahan bisa mengatasi kerugian.
<< Back
Copyright © 2013 PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., All Rights Reserved
Menara Bank BTN, Jl. Gajah Mada No. 1, Jakarta 10130