Home  |  Tentang Kami  |  Produk  |  CSR  |  Unit Usaha Syariah  |  Hubungan Investor  |  Fasilitas Lainnya

BTN News


Spin Off Unit Syariah BTN Kelar 2012

Sumber: Rakyat Merdeka, 14 Agustus 2010
16/08/2010
Berbagai strategi dilakukan perbankan untuk menggenjot ekspansi kredit. Seperti yang dilakukah Bank Tabungan Negara (BTN) yang menyalurkan kredit ke lembaga pembiayaan syariah Baitul Malwa Tamwil (BMT).
 
Berbagai strategi dilakukan perbankan untuk menggenjot ekspansi kredit. Seperti yang dilakukah Bank Tabungan Negara (BTN) yang menyalurkan kredit ke lembaga pembiayaan syariah Baitul Malwa Tamwil (BMT).
Melalui unit syariahnya, BTN menggandeng PT Permodalan BMT Ventura untuk memfasilitasi kredit modal kerja kepada anggota BMT di seluruh Indo­nesia. BTN menyiapkan pembia­yaan sebesar Rp 20 miliar.
"Pembiayaan ini mendukung industri kecil yang ada di masyarakat. Kami telali dielakukan kerja sama dengan BMT Venluni sejate lifaa tahun lalu,"Ujar Direktur Housing and Commercial Banking BTN Purwadi usai menandatangani MOD BTN Syariah dengan BMT Ventura di kantor BTN Jakarta, kemarin.
Menurutnya, pembiayaan modal kerja diberikan dengan fasilitas akad mudharabah yang diberikan kepada masing-masing BMT maksimum sebesar Rp 1 miliar. "BMT Ventura akan menjadi koordinator dalam pendistribusian kredit modal  tersebut kepada masing BlasiKg BMT yang terdaftar dalam BMT Center," terangnya.
BMT Ventura saat ini memiliki jaringan sebanyak 148 BMT. Dari jumlah BMT tersebut, total nasabah dan debitor mencapai 60.000. Direktur Utama PT Permodalan BMT Ventura Saat Suharto mengatakan, linkage program dirahkan ke sekitar 5.000 debitor dengan rata-rata pembia­yaan sebesar Rp 3 juta.
Ditanya masalah rencana pro PT BTN (Persero) Tbk dengan unit usaha yariah (UUS), Purwadi menjawab, "Tar­get kami dua tahun sudah bisa jalan (spin off). Sekarang disiapkan teknologinya dulu."
Purwadi juga mengatakan, aset unit usaha syariah BTN sebesar Rp 2,6 triliun masih belum pantas untuk di spin off. "Baru spin off kalau aset sudah Rp 5 triliun." ujarnya.
Dia mengatakan, rencana spin off itu juga ditunjang tren perhankan syarih yang cenderunng naik. BTN pada semester I meraih laba bersih sebesar Rp 390,61 miliar atau naik 97,11 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Laba perseroan terbanyak disumbang oleh penyaluran kredit. Tercatat,kredit BTN tumbuh 29,61 persen menjadi Rp 46,41 triliun sampai akhir Juni 2010. MLF
<< Back
Copyright © 2013 PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., All Rights Reserved
Menara Bank BTN, Jl. Gajah Mada No. 1, Jakarta 10130