Home  |  Tentang Kami  |  Produk  |  CSR  |  Unit Usaha Syariah  |  Hubungan Investor  |  Fasilitas Lainnya

BTN News


Transaksi Saham BTN Aktif pada Hari Pertama IPO

Sumber: Media Indonesia
21/12/2009
PERDAGANGAN perdana saham PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (17/12), berlangsung meriah. Dilepas pada harga Rp800 per lembar, saham berkode BBTN itu langsung menguat Rp20 menjadi Rp820 per lembar, begitu melantai di bursa.
 
Saham bank tersebut terus menguat sepanjang hari perdagangan pertamanya, hingga ditutup di posisi Rp840 per lembar. Pada penutupan perdagangan sesi pertama, saham BTN bahkan bercokol di posisi pertama dalam daftar efek yang paling aktif diperdagangkan, dengan kenaikan Rp50 (6,25%) ke Rp850, dan volume transaksi 599.569 lot senilai Rp254,9 miliar.Menurut Kepala Riset PT Financorpindo Nusa Edwin Sebayang, prospek saham BTN menjanjikan karena perseroan merupakan pemimpin pasar kredit perumahan di dalam negeri. Pertumbuhan kinerja perseroan juga dinilai berkesinambungan.

Dalam tiga tahun terakhir, BTN terus mencatat pertumbuhan kredit yang tinggi. Posisi total kredit per September 2009 mencapai Rp36,32 triliun, tumbuh 26,75% jika dibandingkan dengan periode sama tahun lalu. Total aset BTN per September 2009 juga naik 20,24% ketimbang periode sama tahun lalu menjadi Rp51,50 triliun.Menurut Edwin, animo investor, baik lokal maupun asing terhadap penawaran umum perdana (initial public offering! IPO) BTN juga tinggi. Dua lembaga asing, yaitu Government of Singapore Investment Corporation Private Limited dan DWS Investment, anak usaha Deutsche Bank Group, turut menyerap IPO tersebut.

Dalam IPO ini, BTN mencatatkan saham publiknya sebanyak 2.360.057.000 lembar saham atau setara dengan 27,08% dari total saham perseroan. Selama masa penawaran, permintaan atas saham perseroan juga mengalami kelebihan (oversub-. scribed) hingga 2,04 kali.Menurut Menteri Badan Usaha Milik Negara Mustafa Abubakar, dana hasil IPO seluruhnya akan digunakan untuk memperkuat permodalan dan mendukung ekspansi portofolio kredit BTN di masa mendatang. "Sehingga BTN lebih percaya diri untuk memperbanyak kredit perumahan di lapisan grass root dan memperluas oumership-nya." (AT/E-1)
<< Back
Copyright © 2013 PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., All Rights Reserved
Menara Bank BTN, Jl. Gajah Mada No. 1, Jakarta 10130