Eng Ind
Home > BTN Info > Info > Berita BTN > GELORAKAN SEMANGAT NKRI, BANK BTN GELAR UPACARA BENDERA DI MUSEUM PENDARATAN SOEKARNO DI DANAU LIMBO

GELORAKAN SEMANGAT NKRI, BANK BTN GELAR UPACARA BENDERA DI MUSEUM PENDARATAN SOEKARNO DI DANAU LIMBOTO

18/08/2017
Bedah Rumah Veteran dan  sejumlah bantuan sosial menjadi kontribusi nyata Bank BTN dalam Program BUMN Hadir untuk Negeri di Gorontalo

Gorontalo, 17 Agustus 2017.   Untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa, pada hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke- 72, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk mengadakan Upacara Bendera di Museum Pendaratan Pesawat Ampibi Soekarno di Desa Iluta, Kecamatan Batuda'a, Kabupaten Gorontalo. Bertindak sebagai Inspektur Upacara  adalah Direktur Utama Bank BTN, Maryono sementara Pembantu Letnan Satu, Suyanto yang merupakan anggota Kodim 1304 Gorontalo  bertindak sebagai Komandan Upacara.

 Upacara Bendera dilakukan semi terapung di tepi danau Limboto dan dihadiri oleh Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo beserta jajaran pemerintah kabupaten serta 200 peserta yang terdiri dari para nelayan di kawasan danau Limboto, masyarakat dan perangkat pemerintah daerah setempat serta perwakilan dari sejumlah BUMN di Gorontalo. Acara juga disaksikan oleh  Asisten Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan Jasa Survey dan Konsultan II Kementerian BUMN,  Wien Irwanto dan Direktur Bank BTN Budi Satria.

 

Penentuan lokasi upacara di Meseum Pendaratan Pesawat Ampibi Soekarno dilatarbelakangi oleh sejarah kedatangan Presiden RI pertama Ir Soekarno di Provinsi Gorontalo untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indnesia. “Dengan menjadikan museum ini sebagai tempat upacara, kami mengajak seluruh masyarakat Gorontalo  untuk menjunjung tingggi  NKRI , mengenang dan mengapresiasi perjuangan para pahlawan Gorontalo menjaga kemerdekaan RI,” kata Maryono di Desa Iluta, Gorontalo, Kamis  (17/8).

 

Dalam pidatonya saat Upacara Bendera, Maryono memberikan pesan khusus mengenai HUT Kemerdekaan RI 72 mengenai peran Generasi Muda untuk menjaga kesatuan RI. Peran Generasi Muda sangat krusial di tengah arus informasi yang berkembang lewat media sosial. Didukung perkembangan teknologi informasi, peran media sosial bisa menjadi pisau bermata dua yang berpotensi memecah belah bangsa, dan sisi lain menjadi media untuk memperat toleransi dan saling menghormati. “Oleh karena itu generasi muda harus terus menggaungkan semangat bahwa kita Indonesia, kita ini Pancasila, ” kata Maryono.

 

Sementara itu dalam mendukung pemerintah untuk membangun daerah yang belum berkembang diwujudkan secara nyata oleh Bank BTN dalam program bantuan sosial. Pada kesempatan ini, Bank BTN menyerahkan bantuan berupa 6 unit perahu senilai Rp 100 juta  ke Kadis UMKM Kabupaten Gorontalo Ayuba SG .  Perahu tersebut diperuntukan bagi masyarakat sekitar danau Limboto. Sementara di sektor pariwisata, Bank BTN juga menyerahkan bantuan rehabilitasi  untuk 2 unit homestay atau rumah singgah di Desa Wisata Bahari Olele sebesar Rp 100 juta yang diserahkan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Resma Kabakoran.

 

Upacara Bendera yang digelar 17 Agustus 2017 merupakan puncak acara dari rangkaian kegiatan Program BUMN Hadir untuk Negeri yang digelar Bank BTN di Provinsi Gorontalo. Rangkaian kegiatan sudah dimulai sejak April lalu, diantaranya Program Siswa mengenal Nusantara (SMN). SMN diikuti oleh 20 pelajar kelas XI SMAN, SMKN dan SLB yang terpilih untuk diberangkatkan dari Gorontalo  tanggal 23 Juli 2017 ke Pontianak, dan kembali ke tanah kelahiran tanggal 1 Agustus 2017. Selain SMN, Bank BTN juga melakukan Bedah Rumah Veteran yang direalisasikan untuk 15 rumah veteran di Gorontalo serta acara jalan sehat dan pasar sembako murah di Taman Kota akhir pekan lalu.

 

Bank BTN secara konsisten mendukung Program BUMN Hadir untuk Negeri. Selain program wajib tersebut, Bank BTN juga memiliki program tanggung jawab sosial lain yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat. Adapun program tanggung jawab sosial BUMN yang telah Bank BTN laksanakan antara lain pendirian Rumah Kreatif BUMN di sejumlah provinsi di Indonesia , dan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di Borobudur, Jawa Tengah.