Eng Ind
Home > BTN Info > Info > Berita BTN > BANK BTN AKAN BERANGKATKAN 20 SISWA GORONTALO DALAM PROGRAM SISWA MENGENAL NUSANTARA TAHUN 2017

BANK BTN AKAN BERANGKATKAN 20 SISWA GORONTALO DALAM PROGRAM SISWA MENGENAL NUSANTARA TAHUN 2017

20/07/2017
Jakarta,20 Juli 2017.  Program “BUMN Hadir untuk Negeri” yang diluncurkan sejak tahun 2015 memberikan ruang bagi seluruh BUMN, termasuk PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk untuk berpartisipasi. Sebagai rangkaian acara perayaan Hari Kemerdekaan RI ke- 72 dan program BUMN Hadir untuk Negeri, Bank BTN akan mengadakan sejumlah acara, diantaranya Siswa Mengenal Nusantara (SMN), upacara bendera HUT RI, jalan sehat dan Bedah Rumah Veteran. Sesuai dengan instruksi dari dari Kementerian BUMN, Bank BTN mendapat giliran untuk menggelar rangkaian acara tersebut di Gorontalo.
 
“Kami berterimakasih atas keramahan dan kerjasama Pemerintah Provinsi Gorontalo yang selalu membantu Bank BTN untuk mempersiapkan dan memastikan acara BUMN Hadir untuk Negeri berjalan lancar,” kata Corporate Secretary Bank BTN, Agus Susanto di Jakarta (20/7).
 
Program yang wajib diselenggarakan oleh BUMN tersebut rutin diselenggarakan untuk memupuk rasa kebanggaan sebagai warga negara Indonesia dan menyosialisasikan peran BUMN di 34  provinsi di Indonesia. Adapun Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan program pertukaran pelajar yang mulai diadakan sejak tahun 2015. Sebanyak 20 siswa-siswa yang terpilih dari Gorontalo merupakan siswa yang sudah memenuhi persyaratan, antara lain duduk di kelas XI, berbudi pekerti baik, berprestasi dan memiliki cerita motivasi untuk program SMN. Para siswa tersebut akan dikirim ke Pontianak, Kalimantan Barat.  Selama sepekan di Pontianak, peserta SMN akan tinggal dengan orang tua asuh selama kurang lebih sepekan untuk mempelajari keragaman nilai seni, budaya dan pendidikan dan bertukar pengetahuan di Kalimantan Barat. Sementara peserta SMN yang terpilih di Pontianak akan diterima di Gorontalo untuk mempelajari keanekaragaman budaya, kekayaan alam dan nilai-nilai budaya di Gorontalo, termasuk hidup bersama suku Bajo di Torosiaje.
 
“Kami memilih siswa yang bisa mempresentasikan Gorontalo, 20 siswa terpilih berasal dari kota Gorontalo dan 5 kabupaten yang berbeda. Kelak mereka akan menjadi duta Gorontalo di Pontianak,” kata Agus.

Selain SMN, Bank BTN  juga akan menggarap Program Bedah Rumah Veteran  (BRV) . Tahun ini, ada sekitar 15 rumah veteran yang tersebar di desa Ayula Selatan, Lowoo, Pangi, dan kelurahan Biau, Tanjungamat, Kalumoto yang akan direnovasi. BRV menyasar rumah veteran yang sudah rusak, atau tidak layak.  BRV menyasar veteran yang masuk dalam data dan verifikasi Legiun Veteran Republik Indonesia  dan koordinasi Kodim setempat.
 
Sebagai rangkaian acara menjelang Kemerdekaan RI, Bank BTN akan mengadakan acara jalan sehat dan pasar murah bagi warga kota Gorontalo. Puncak dari acara Bank BTN di Gorontalo adalah Upacara 17 Agustus. “Rangkaian acara bertujuan mempererat kebersamaan, meningkatkan kebanggan dan rasa cinta tanah air, kami harap dukungan dari warga Gorontalo,” kata Agus.
 
Bank BTN secara konsisten mendukung Program BUMN Hadir untuk Negeri. Selain program wajib tersebut, Bank BTN juga memiliki program tanggung jawab sosial lain yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat. Adapun program tanggung jawab sosial BUMN yang telah Bank BTN laksanakan antara lain pendirian Rumah Kreatif BUMN di sejumlah provinsi di Indonesia , dan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di Borobudur, Jawa Tengah.