Kesadaran Keamanan Data Pribadi
Perubahan pola dan gaya hidup mendorong sektor perbankan untuk beradaptasi dengan menghadirkan mobile banking. Lewat fasilitas ini, masyarakat tak perlu repot saat harus bertransaksi. Sebab, aktivitas perbankan, seperti cek saldo & mutasi rekening, transfer serta pembelian dan pembayaran, bisa dilakukan kapan dan dari mana saja melalui ponsel pintar.
Perubahan ini juga memiliki dampak terhadap semakin besarnya potensi peretasan terhadap akun Mobile Banking Nasabah, untuk membantu mengamankannya Anda bisa ikuti tips-tips berikut :
- Hindari Akses dan Transaksi Melalui Website / Aplikasi / Email yang Tidak Dikenal serta Permintaan Akses Berlebihan dari Aplikasi
Saat ini banyak email masuk tak dikenal / banner iklan di sosmed / media online yang berisikan promosi, atau iming-iming tertentu, untuk mengarahkan kamu mengakses website atau aplikasi tertentu. Kamu juga harus hati-hati dengan aplikasi yang meminta akses berlebihan (akses data pribadi, contact, lokasi) dan tidak relevan dengan aplikasi yang kamu gunakan. Jadi pastikan kamu selalu mengakses website / aplikasi terpercaya. - Ganti PIN dan Kode Akses Secara Berkala
MPIN dan Password yang kamu miliki merupakan pengamanan awal yang dapat kamu jaga dalam setiap mengakses website / aplikasi / rekening kamu. Gunakan kombinasi angka / huruf yang unik dan tidak mudah ditebak. Agar kamu terhindar dari pencurian data, ganti PIN dan Password kamu secara berkala. - Amankan Perangkat Seluler
Sebaiknya memanfaatkan semua langkah keamanan ponsel cerdas kamu, terutama bagi penggemar mobile banking. Pastikan kamu mengunci ponsel dengan PIN, pengenalan wajah, atau sidik jari. Dengan ini, akan mempersulit orang lain mengakses ponsel kamu, dan menjadi langkah antisipatif ketika ponsel kamu berpindah tangan. - Review Berkala semua Mutasi dan Transaksi
Review secara berkala, semua transaksi yang pernah kamu lakukan pada website / aplikasi yang biasa kamu gunakan, segera laporkan jika ada transaksi mencurigakan yang tidak kamu lakukan untuk dapat segera ditangani dan tidak menimbulkan kerugian yang besar.
Akhirnya, kamu harus melihat lebih teliti semua laporan mutasi transaksi rekening bulanan. BTN Mobile Banking bisa kamu manfaatin untuk melihat laporan muasi rekening
Semakin hari, modus penipuan terhadap nasabah perbankan semakin beragam. Berbagai modus-modus penipuan ini bisa dilakukan tanpa perlu bertemu langsung atau tanpa perlu mengambil kartu yang kamu miliki atau lainnya. Oleh karena itu, penting untuk tidak memberikan data-data berikut ini kepada siapa pun, bahkan petugas bank sekalipun! :
- PIN (Personal Identification Number) untuk ATM, mobile atau yang lainnya
- CVV (Card Verification Code) atau CVC (card Verification Code) Kartu Debit(ATM) atau Kartu Kredit
- OTP (One Time Password)
Bank tidak pernah meminta anda mengirimkan data yang dimaksud diatas, melalui form pengisian online atau tidak online dan media sosial (whatsapp, Istagram, Twitter, facebook dll.) serta e-mail.
Mari kita jaga keamanan data pribadi anda !
Terimakasih
BANK BTN