Tutup Menu
AUD 10.791,00 0,00
EUR 17.013,00 0,01
GBP 19.282,00 0,01
HKD 1.996,00 0,00
JPY 134,00
MYR 3.732,00 0,00
CNY 2.267,00 0,00
SAR 4.046,00 0,00
SGD 10.736,00 0,00
USD 14.490,00 0,00
kurs valas
Mata Uang Harga Beli Harga Jual
  • AUD 10.540,00 10.791,00
  • EUR 16.681,00 17.013,00
  • GBP 18.810,00 19.282,00
  • HKD 1.671,00 1.996,00
  • JPY 123,00 134,00
  • MYR 3.378,00 3.732,00
  • CNY 2.034,00 2.267,00
  • SAR 3.610,00 4.046,00
  • SGD 10.385,00 10.736,00
  • USD 14.290,00 14.490,00

Berinovasi dan Terus Menjadi Lebih Baik

Perencanaan bisnis yang lebih terarah sebagai tujuan yang harus dicapai oleh Kami untuk menjadi Bank yang terdepan dalam membantu semua kebutuhan masyarakat saat ini

Sahabat Keluarga Indonesia

PT Bank Tabungan Negara, (Persero),Tbk (Bank BTN) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dibidang Perbankan. Kami berkomitmen menjadi Bank yang melayani dan mendukung pembiayaan sektor perumahan melalui tiga produk utama, perbankan perseorangan, bisnis dan syariah

 

Visi Bank BTN

Terdepan dan terpercaya dalam memfasilitasi sektor perumahan dan jasa layanan keuangan keluarga.

Misi Bank BTN

  • Berperan aktif dalam mendukung sektor perumahan, baik dari sisi penawaran maupun dari sisi permintaan, yang terintegrasi dalam sektor perumahan di Indonesia
  • Memberikan layanan unggul dalam pembiayaan kepada sektor perumahan dan kebutuhan keuangan keluarga
  • Meningkatkan keunggulan kompetitif melalui inovasi pengembangan produk, jasa dan jaringan strategisberbasis digital
  • Menyiapkan dan mengembangkan human capital yang berkualitas, profesional, dan memiliki banyak integritas tinggi
  • Meningkatkan shareholder value dengan fokus kepada peningkatan pertumbuhan profitabilitas sesuai dengan prinsip kehati-hatian dan good corporate governance
  • Memedulikan kepentingan masyarakat sosial dan lingkungan secara berkelanjutan

Jejak Langkah BTN

Informasi tentang sejarah singkat perjalanan Bank BTN di Indonesia sampai akhirnya berkembang sampai saat ini

Kelahiran BTN Jaman Belanda

Bank BTN adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang berbentuk perseroan terbatas dan bergerak di bidang jasa keuangan perbankan. Cikal bakal Bank BTN dimulai dengan didirikannya Postspaarbank di Batavia pada tahun 1897, pada masa pemerintah Belanda.

 

Kelahiran Bank BTN Pada Masa Pemerintahan Jepang

Pada 1 April 1942 Postparbank diambil alih pemerintah Jepang dan diganti namanya menjadi Tyokin Kyoku.
 

Kelahiran Bank BTN Pada Masa Kemerdekaan

Setelah kemerdekaan diproklamasikan, maka Tyokin Kyoku diambil alih oleh pemerintah Indonesia, dan namanya diubah menjadi Kantor Tabungan Pos RI. Usai dikukuhkannya, Bank Tabungan Pos RI ini sebagai satu-satunya lembaga tabungan di Indonesia. Pada tanggal 9 Februari 1950 pemerintah mengganti namanya dengan nama Bank Tabungan Pos.

Kelahiran Bank BTN Pada Masa Diperalihan Zaman

Tanggal 9 Februari 1950 ditetapkan sebagai hari dan tanggal Bank BTN. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang No. 4 tahun 1963 Lembaran Negara Republik Indonesia No. 62 tahun 1963 tanggal 22 Juni 1963, maka resmi sudah nama Bank Tabungan Pos diganti namanya menjadi Bank Tabungan Negara. Dalam periode ini posisi Bank BTN telah berkembang dari sebuah unit menjadi induk yang berdiri sendiri.

Mulai Berdirinya Bank BTN dari Sebuah Unit Menjadi Induk

Kemudian sejarah Bank BTN mulai diukir kembali dengan ditunjuknya oleh Pemerintah Indonesia pada tanggal 29 Januari 1974 melalui Surat Menteri Keuangan RI No. B-49/MK/I/1974 sebagai wadah pembiayaan proyek perumahan untuk rakyat. Sejalan dengan tugas tersebut, maka mulai 1976 mulailah realisasi KPR (Kredit Pemilikan Rumah) pertama kalinya oleh Bank BTN di negeri ini. Waktu demi waktu akhirnya terus mengantar Bank BTN sebagai satu-satunya bank yang mempunyai konsentrasi penuh dalam pengembangan bisnis perumahan di Indonesia melalui dukungan KPR BTN.

 

Awal Mula Bank BTN Saat Ini

Sayap Bank BTN pun makin melebar pada tahun 1989 Bank BTN sudah mengeluarkan obligasi pertamanya. Pada tahun 1992 status Bank BTN ini menjadi PT. Bank Tabungan Negara (Persero) karena sukses Bank BTN dalam bisnis perumahan melalui fasilitas KPR tersebut. Status persero ini memungkinkan Bank BTN bergerak lebih luas lagi dengan fungsinya sebagai bank umum (komersial). Demi mendukung bisnis KPR tersebut, Bank BTN mulai mengembangkan produk-produk layanan perbankan sebagaimana layaknya bank umum (komersial) 

Perkembangan Pelayanan Bank BTN

Sukses Bank BTN dalam bisnis KPR juga telah meningkatkan status Bank BTN sebagai bank Konvensional menjadi Bank Devisa pada tahun 1994. Layanan bank dalam bentuk penerbitan Letter of Credit (L/C), pembiayaan usaha dalam bentuk Dollar, dan lain lain bisa diberikan Bank BTN dengan status tersebut. Dengan status baru ini tidak membuat Bank BTN lupa akan fungsi utamanya sebagai penyedia KPR untuk masyarakat menengah kebawah.Bank BTN pun makin melebar pada tahun 1989 Bank BTN sudah mengeluarkan obligasi pertamanya. Pada tahun 1992 status Bank BTN ini menjadi PT. Bank Tabungan Negara (Persero) karena sukses Bank BTN dalam bisnis perumahan melalui fasilitas KPR tersebut. Status persero ini memungkinkan Bank BTN bergerak lebih luas lagi dengan fungsinya sebagai bank umum (komersial). Demi mendukung bisnis KPR tersebut, Bank BTN mulai mengembangkan produk-produk layanan perbankan sebagaimana layaknya bank umum (komersial).

Kepercayaan Pemerintah Terhadap Bank BTN

Berdasarkan kajian konsultan independent, Price Water House Coopers, Pemerintah melalui menteri BUMN dalam surat No. 5 – 544/MMBU/2002 memutuskan Bank BTN sebagai Bank umum dengan fokus bisnis pembiayaan perumahan tanpa subsidi.

Bank BTN Di Pasar Terbuka

Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) mengeluarkan pernyataan efektif terhadap produk investasi baru berbasis sekuritisasi. Produk itu adalah EBA Danareksa Sarana Multigriya Finansial I - Kredit Kepemilikan Rumah Bank Tabungan Negara (SMF I-KPR BTN). Di tahun yang sama juga Bank BTN melakukan Penawaran Umum Saham Perdana (IPO) dan listing di Bursa Efek Indonesia

Bank BTN Sekarang

Kepercayaan masyarakat dan pemerintah terhadap Bank BTN telah mengantarkan kami mendapatkan penghargaan dalam ajang Anugerah Perbankan Indonesia VI 2017 sebagai Peringkat 1 Bank Terbaik Indonesia 2017. Dengan adanya penghargaan tersebut akan mengukuhkan optimisme perseroan untuk mampu melanjutkan catatan kinerja positif dan mencapai target bisnis perseroan pada tahun tahun berikutnya.

Nilai-nilai Budaya Perusahaan

Bank BTN memiliki 5 Nilai Budaya Perusahaan yang menjadi pondasi bagi seluruh karyawan dalam berperilaku untuk mencapai visi Bank BTN.

Makna Lima Nilai Budaya

Sinergi

Membangun kerjasama yang sinergis dengan seluruh stakeholders dilandasi sikap tulus, terbuka dan mendorong kolaborasi yang produktif dengan menjunjung tinggi sikap saling percaya dan menghargai untuk mencapai tujuan bersama.

Integritas

Konsisten antara pikiran, perkataan dan tindakan sesuai dengan ketentuan perusahaan, kode etik profesi dan prinsip-prinsip kebenaran yang terpuji.

Inovasi

Senantiasa mengembangkan gagasan baru dan penyempurnaan berkelanjutan yang memberi nilai tambah bagi perusahaan.

Profesionalisme

Visioner, kompeten di bidangnya, selalu mengembangkan diri dengan teknologi terkini sehingga menghasilkan kinerja terbaik.

Spirit Mencapai Keunggulan

Menunjukkan semangat dan komitmen yang kuat untuk mencapai hasil terbaik serta memberikan pelayanan yang melebihi harapan pelanggan (internal dan eksternal) dengan menempatkan pentingnya aspek kualitas di setiap kegiatan serta risiko yang telah diperhitungkan.

Sepuluh Perilaku Utama yang merupakan Acuan Bertindak bagi Seluruh Insan Bank BTN

  • Sinergi

    • Tulus, Terbuka dan Kolaborasi yang Produktif

    • Saling Percaya dan Menghargai

  • Integritas

    • Konsisten dan disiplin

    • Jujur dan Berdedikasi

  • Inovasi

    • Tanggap terhadap perubahan

    • Kreatif & Inovatif dalam melakukan penyempurnaan yang bernilai tambah

  • Profesionalisme

    • Kompeten, Intrapreneurship dan Bertanggungjawab

    • Bekerja Cerdas dan Berorientasi pada hasil

  • Spirit Mencapai Keunggulan

    • Antusias, Proaktif dan Pantang Menyerah

    • Efektif, Efisien dan Mengutamakan Kepuasan Pelanggan

KPR dan Perbankan Konsumen

Produk kredit konsumer terbagi menjadi empat yaitu KPR Bersubsidi, KPR Non Subsidi, Kredit Perumahan lainnya dan Kredit Konsumer

Produk simpanan juga terbagi menjadi tiga yaitu Giro, Tabungan dan Deposito.

Kredit Pemilikan Rumah

Menyediakan layanan pembiayaan yang dijamin dengan jaminan berupa rumah atau hunian yang telah ditentukan. Mortage  digunakan oleh individu dan bisnis untuk melakukan pembelian real estate besar tanpa membayar seluruh nilai pembelian di depan.

Consumer Loan

Memberikan layanan untuk pembiayaan konsumer dan personal loan  yang dipergunakan untuk keperluan konsumtif serta untuk pengembangan bisnis consumer loan dari value chain perumahan

Consumer Funding

Memberikan layanan produk dana dan jasa yang berorientasi pada nasabah individual serta untuk pengembangan bisnis wealth management.

Perumahan dan Perbankan Komersial

Produk kredit konsumer terbagi menjadi empat yaitu KPR Bersubsidi, KPR Non Subsidi, Kredit Perumahan lainnya dan Kredit Konsumer

Produk simpanan juga terbagi menjadi tiga yaitu Giro, Tabungan dan Deposito.

Kredit Pemilikan Rumah

Menyediakan layanan pembiayaan yang dijamin dengan jaminan berupa rumah atau hunian yang telah ditentukan. Mortage  digunakan oleh individu dan bisnis untuk melakukan pembelian real estate besar tanpa membayar seluruh nilai pembelian di depan.

Consumer Loan

Memberikan layanan untuk pembiayaan konsumer dan personal loan  yang dipergunakan untuk keperluan konsumtif serta untuk pengembangan bisnis consumer loan dari value chain perumahan

Consumer Funding

Memberikan layanan produk dana dan jasa yang berorientasi pada nasabah individual serta untuk pengembangan bisnis wealth management.

Perumahan dan Perbankan Syariah

Produk pembiayaan terbagi menjadi dua yaitu Pembiayaan Konsumer Syariah dan Pembiayaan Komersial Syariah.

Produk pendanaan terbagi menjadi tiga yaitu Giro Syariah, Tabungan Syariah dan Deposito Syariah.

Badan Usaha Syariah

Menyediakan layanan produk dan jasa syariah yang menciptakan sinergi bisnis Bank BTN

Treasury dan Asset Management

Menyediakan layanan jasa dan produk treasury serta mengelola bisnis DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan)



Dewan Komisaris

Jajaran dewan komisaris yang ditetapkan pada Rapat Umum Pemegang Saham. Untuk melihat detail informasi RUPS silakan kunjungi halaman Hubungan Investor.
I Wayan Agus Mertayasa
Komisaris Utama

I Wayan Agus Mertayasa, 69 tahun. Diangkat sebagai Komisaris Utama/Independen PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (Bank BTN) pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Bank BTN tanggal 7 Januari 2016 dan dinyatakan efektif oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tanggal 6 April 2016

Riwayat Pendidikan dan Pelatihan

  • Jenjang Pendidikan:
    • Meraih gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Brawijaya, Malang pada tahun 1973
  • Sejumlah Program Pelatihan Diantaranya: 
    • London Business School dan SRW & Co di London, UK pada September 2016
    • Global Strategic Management (Harvard Business School) di Boston, USA pada bulan Juni 2009
    • New Solutions (Harvard Business School) di Boston, USA pada bulan Juli 2008Changing The Game Negotiation & Competitive Decision (Harvard Business School) di Boston, USA pada bulan Agustus 2003
    • Serta beberapa advance management development dalam bidang finance dan legal di Hongkong, Singapore, New York dan Champaign Urbana Illinois USA

Perjalanan Karir

Sebelum menjabat sebagai Komisaris Utama Bank BTN, beliau pernah menduduki Posisi Sebagai Berikut :

  • Menjabat sebagai General Manager Bank Bumi Daya Los Angeles Agency (USA) (1991-1992)
  • Menjabat sebagai Chief Executive Bumi Daya Finance Hong kong (1992-1993)
  • Menjabat sebagai General Manager Bank Bumi Daya New York (1993-1994)
  • Menjabat sebagai Direktur Bank Pembangunan Indonesia (1994-1999), EVP /& Direktur PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (1999-2005)
  • Menjabat sebagai Wakil Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (2005-2010)
  • Menjabat sebagai Chairman Non Executive Director, Bank Mandiri (Europe) Limited, London UK (2010-2015)

 

Kamaruddin Sjam
Komisaris Independen

Kamaruddin Sjam, 70 tahun. Diangkat sebagai Komisaris Independen PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (Bank BTN) pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Bank BTN tanggal 24 Maret 2015 dan dinyatakan efektif oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tanggal 29 Juni 2015. 

Riwayat Pendidikan dan Pelatihan

  • Jenjang Pendidikan:
    • Meraih Gelar Magister Manajemen (MM) dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI, Jakarta pada tahun 1997

  • Sejumlah Program Pelatihan Diantaranya: 
    • Benchmarking and Workshop Enterprise Risk Management in UK di London, UK pada April 2016
    • Enhancing the Power of Enterprise Risk Management in Creating a Sound Bank and Financial Risk Integration di Stockholm, Swedia pada September 2016
    • ECIIA European Conference Paris France & On Site Learning pada September 2015
    • Seminar National IIA Conference pada Agustus 2015
       

Perjalanan Karir

Sebelum menjabat sebagai Komisaris Independen Bank BTN, beliau pernah menduduki Posisi Sebagai Berikut :

  • Menjabat sebagai strategis diantaranya Anggota Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat
  • Menjabat sebagai Direktur Pengawasan Instansi di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan
 

 

Arie Coerniadi
Komisaris Independen

Arie Coerniadi, 49 tahun. Diangkat sebagai Komisaris Independen PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (Bank BTN) pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Bank BTN tanggal 24 Maret 2015 dan dinyatakan efektif oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tanggal 29 Juni 2015

Riwayat Pendidikan dan Pelatihan

  • Jenjang Pendidikan:
    • Meraih gelar Sarjana Teknik Elektro dari Universitas Indonesia pada tahun 1991

  • Sejumlah Program Pelatihan Diantaranya: 
    • Mobile World Congress
    • Untuk Solusi Mobile Payment dan Mobile Banking Termasuk Mobile Ekyc pada Februari 2016 di Barcelona, Spanyol
    • CEnhancing the Power of Enterprise Risk Management in Creating a Sound Bank and Financial Risk Integration pada September 2016 di Stockholm, Swedia.
       

Perjalanan Karir

Sebelum menjabat sebagai Komisaris Independen Bank BTN, beliau pernah menduduki Posisi Sebagai Berikut :

  • Menjabat sebagai Vice President di NISP Sekuritas
  • Menjabat sebagai  Group Head Vice President di Badan Penyehatan Perbankan Nasional
  • Menjabat sebagai Vice President di Kustodian Sentral Efek Indonesia
  • Saat ini, beliau juga menjabat sebagai Chief Finance Officer di Sarana Global Indonesia sejak tahun 2011
 

 

Lucky Fathul Aziz H
Komisaris Independen

Lucky Fathul Aziz Hadibrata, 60 tahun. Diangkat sebagai Komisaris PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (Bank BTN) pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Bank BTN tanggal 24 Maret 2015 dan dinyatakan efektif oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tanggal 27 Juli 2015. Selanjutnya RUPSLB Perseroan tanggal 7 Januari 2016 memutuskan untuk mengalihkan jabatan yang bersangkutan dari yang semula adalah Komisaris menjadi Komisaris Independen dan dinyatakan efektif pada tanggal 15 November 2017

Riwayat Pendidikan dan Pelatihan

  • Jenjang Pendidikan:
    • Meraih gelar Master of Art (MA) dalam bidang Development Economics dari Boston University, Massachusetts, USA pada tahun 1985

    • Meraih gelar Master of Science (MS) dari Universitas Hasanuddin, Makassar pada tahun 1991 

  • Sejumlah Program Pelatihan Diantaranya: 
    • The IIA International Conference 2016 pada Juli 2016 di New York & Washington DC, USA

    • International Enterprise Risk Management Benchmarking in Spain di Barcelona Spanyol pada 2015

    • Leading and Managing People: Power and Relationships oleh Wharton Bussines School University of Pennsylvania pada tahun 2014

    • A New Era of Conduct Supervision: Consequences, Challenges,and Opportunities oleh OJK, AusAID dan The World Bank pada tahun 2014 di Bali

    • Workshop on Banking Supervision Indonesia FSA–Japan FSA oleh OJK dan Japan FSA pada tahun 2014

    • Strengthening the Asian Financial Sector Toward Sustainable and Inclusive Growth oleh ADB Institute pada tahun 2013 di Jepang

Perjalanan Karir

Sebelum menjabat sebagai Komisaris Independen Bank BTN, beliau pernah menduduki Posisi Sebagai Berikut :

  • Menjabat sebagai Deputi Komisioner Manajemen Strategis 1B di OJK

  • Menjabat sebagai  Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah VI di Bandung (2010-2012)

  • Menjabat sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia New York (2007-2010)

Sumiyati
Komisaris

Sumiyati, 56 tahun. Diangkat sebagai Komisaris PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (Bank BTN) pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) tanggal 02 September 2015 dan dinyatakan efektif oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tanggal 22 Februari 2016

Riwayat Pendidikan dan Pelatihan

  • Jenjang Pendidikan:
    • Meraih gelar Master of Financial Management (M.F.M) dari Queensland University, Australia

  • Sejumlah Program Pelatihan Diantaranya: 
    • London Business School dan SRW & Co pada September 2016 di London, UK

    • Enterprise Risk Management pada tahun 2015 di Jepang

    • Enhancing The Strategy management System Forwards Obtaining Break Through Results pada tahun 2014 di Jakarta

    • High Performance Leadership pada tahun 2012 di Inggris

Perjalanan Karir

Sebelum menjabat sebagai Komisaris Bank BTN, beliau pernah menduduki Posisi Sebagai Berikut :

  • Saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) Kementerian Keuangan

  • Menjabat Sebagai Komisaris PT Jiwasraya (Persero), (periode 2012-2015)

  • Menjabat Sebagai Kepala Biro Perencanaan Keuangan, Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan pada tahun 2009-2015

Maurin Sitorus
Komisaris

Maurin Sitorus, 60 tahun. Diangkat sebagai Komisaris PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (Bank BTN) pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Bank BTN tanggal 7 Januari 2016 dan dinyatakan efektif oleh Otoritas Jasa Keuangan pada tanggal 6 Juni 2016

Riwayat Pendidikan dan Pelatihan

  • Jenjang Pendidikan:
    • Meraih gelar Master Doctor of Philosophy (Ph.D) in Monetary and International Economics dari University of Kentucky, Lexington, USA pada tahun 1994

  • Sejumlah Program Pelatihan Diantaranya: 
    • a Impact Evaluation and Use of Monitoring & Evaluation in Performanced Based Planning Budgeting pada tahun 2010 di Shanghai, Cina

    • Economic Development Strategy and Market pada tahun 2002 di Jepang dan Korea Selatan

    • Macro Economic Modeling pada tahun 2002 di Denhaag, Netherlands

Perjalanan Karir

Sebelum menjabat sebagai Komisaris Bank BTN, beliau pernah menduduki Posisi Sebagai Berikut :

  • Saat ini menjabat sebagai Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum

  • Menjabat Sebagai sekretaris Ditjen Pengelolaan Utang, Ditjen Pengelolaan Utang, Kementerian Keuangan RI pada tahun 2014

  • Menjabat Sebagai kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bengkulu, Ditjen Perbendaharaan, Kementerian Keuangan RI

Iman Sugema
Komisaris

Iman Sugema, 53 tahun. Diangkat sebagai Komisaris PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (Bank BTN) pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Bank BTN tanggal 12 April 2016

*) Diangkat sebagai anggota Dewan Komisaris PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk berdasarkan hasil keputusan RUPS Tahunan Perseroan tanggal 12 April 2016 dan berlaku efektif setelah mendapatkan persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atas penilaian Kemampuan dan Kepatutan (Fit and Proper Test) dan memenuhi Peraturan Perundang-undangan yang berlaku

Riwayat Pendidikan dan Pelatihan

  • Jenjang Pendidikan:
    • Meraih gelar Ph.D di bidang Ekonomi dari The Australian National University tahun 2000

  • Sejumlah Program Pelatihan Diantaranya: 
    • ERMA Bali International Conference On Enterprise Risk Management pada Desember 2016 di Denpasar, Bali

    •  Pembekalan Uji Manajemen Risiko Level 1 dan 2 pada Tahun 2016 di Jakarta

Perjalanan Karir

Sebelum menjabat sebagai Komisaris Bank BTN, beliau pernah menduduki Posisi Sebagai Berikut :

  • Menjabat Sebagai Komisaris Utama Perusahaan Gas Negara (2015 – 2016)

  • Menjabat Sebagai Direktur Inter-CAFÉ (International Center for Applied Finance and Economics, Institut Pertanian Bogor (2005 – 2013)

Garuda Wiko
Komisaris Independen

Garuda Wiko, 52 tahun. Diangkat sebagai Komisaris Independen PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (Bank BTN) pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Bank BTN tanggal 17 Maret 2017

*) Diangkat sebagai Komisaris Independen PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk berdasarkan hasil keputusan RUPS Tahunan Perseroan tanggal 17 Maret 2017 dan berlaku efektif setelah mendapatkan persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atas penilaian kemampuan dan kepatutan (Fit and Proper Test) dan memenuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Riwayat Pendidikan dan Pelatihan

  • Jenjang Pendidikan:
    • Meraih gelar Doktor di bidang Ilmu Hukum dari Universitas Diponegoro pada tahun 2006

    •  Bachelor Doctor in Legal from the University of Diponegoro in 2006

  • Sejumlah Program Pelatihan Diantaranya: 
    • Arbitration Workshop in Construction di Jakarta tahun 2008

    • Lokakarya dan Penelitian Studi Hukum Kritis & Pluralisme Hukum di Pontianak tahun 2004 

Perjalanan Karir

Sebelum menjabat sebagai Komisaris Independen* Bank BTN, beliau pernah menduduki Posisi Sebagai Berikut :

  • Saat ini beliau menjabat sebagai Dosen Program Magister Management Universitas Tanjungpura (2008 – sekarang) 

  • Anggota Senat Institut Agama Islam Negeri Pontianak, dan Guru Besar Jurusan Syariah (2010 – sekarang)

 

Parman Nataatmadja
Dewan Komisaris

Parman Nataatmadja, Diangkat sebagai Dewan Komisaris PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (Bank BTN)


*) Diangkat sebagai Dewan Komisaris PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk dan berlaku efektif setelah mendapatkan persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atas penilaian kemampuan dan kepatutan (Fit and Proper Test) dan memenuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Riwayat Pendidikan dan Pelatihan

  • Jenjang Pendidikan:
    • Meraih gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia pada tahun 1985

    • Meraih Gelar NBA Finance, SUNY Buffalo pada tahun 1988

  • Sejumlah Program Pelatihan Diantaranya: 
    • Narasumber dalam Peran Industri Jasa Keuangan dalam Mendukung Pengembangan Start Up Business di Jakarta tahun 2016

    • Narasumber dalam Seminar “The Art of Start Up” di Jakarta tahun 2016

    • Guest Speaker in FEALAC (Forum East Asia Latin America Corporation) di Bogota tahun 2016

    • Orientation on New Factoring Product di Singapore tahun (1997)

Perjalanan Karir

Sebelum menjabat sebagai Komisaris Bank BTN, beliau pernah menduduki Posisi Sebagai Berikut :

  • Saat Ini Beliau Menjabat Sebagai Staf Khusus V Kementrian BUMN (Februari 2017 – sekarang)

  • Saat Ini Beliau Menjabat Sebagai Komisaris Utama Mitra Dagang Madani (September 2017 – sekarang)

  • Saat Ini Beliau Menjabat Sebagai Komisaris Utama PT PNM Investment Management (July 2008 – sekarang)

  • Saat Ini Beliau Menjabat Sebagai Komisaris Utama PT PNM Venture Capital (Juni 2008 – sekarang)

  • Direktur Utama PT Permodalan Nasional Madani (Persero) (Februari 2008- Februari 2018)

 

Direksi

Jajaran Dewan Direksi yang ditetapkan pada Rapat Umum Pemegang Saham tanggal …. Untuk melihat detail informasi RUPS silakan kunjungi halaman Hubungan Investor.
Maryono
Direktur Utama

Maryono, 62 tahun. Diangkat sebagai Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (Bank BTN) untuk periode ke-2 pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk tanggal 17 Maret 2017, dan efektif sejak tanggal 17 Maret 2017

Riwayat Pendidikan dan Pelatihan

  • Jenjang Pendidikan:
    • Meraih gelar MBA dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI pada tahun 1998

  • Sejumlah Program Pelatihan Diantaranya: 
    • Regional Conference on Postal Saving System in Asia 2016 di Tokyo pada tahun 2016

    • 24th World Congress of Saving and Retail Banks di Amerika Serikat pada tahun 2015

    • 21st Meeting of WSBI Asia Regional Group di Spanyol pada tahun 2015

    • Executive International Conference di Moscow pada tahun 2014

    • Refreshment Sertifikasi Management Risiko di Moscow, Rusia tahun 2014

Perjalanan Karir

Sebelum menjabat sebagai Direktur Utama Bank BTN, beliau pernah menduduki Posisi Sebagai Berikut :

  • Saat ini beliau juga menjabat sebagai presiden regional WSBI (World Saving Bank Institute) Kawasan Asia Pasifik

  • Menjabat sebagai Direktur Utama Bank Mutiara mulai November 2008 sampai dengan Desember 2012

  • Memiliki pengalaman berkarir di bidang Perbankan sejak tahun 1982 di Bank Pembangunan Indonesia sampai dengan tahun 1999

  • Menjabat sebagai komisaris Utama di PT Mandiri Manajemen Investasi serta pernah menjabat sebagai Group Head Jakarta Network Group di PT Bank Mandiri (Persero) Tbk pada tahun 2008

Iman Nugroho Soeko
Direktur

Iman Nugroho Soeko, 62 tahun. Diangkat sebagai Direktur PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (Bank BTN) pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Bank BTN tanggal 25 Februari 2014 dan dinyatakan efektif oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tanggal 16 Juni 2014

Riwayat Pendidikan dan Pelatihan

  • Jenjang Pendidikan:
    • Meraih gelar M.Soc.Sc dari Univ. of Birmingham, Inggris pada tahun 1989

  • Sejumlah Program Pelatihan Diantaranya: 
    • Risk Governance Master Class Training & Certification di Jakarta tahun 2016

    • Real Estate Management Program

    • Finance, Design and Leadership, di Harvard Business School, HBS Campus, Boston, USA, tahun 2014

    • Manager’s Certification on the 4th Disciplines of Execution Jakarta, tahun 2010;

    • Internalizing Best Practices of Good Corporate Governance and Directorship, di Bali tahun 2009

Perjalanan Karir

Sebelum menjabat sebagai Direktur Bank BTN, beliau pernah menduduki Posisi Sebagai Berikut :

  • Menjabat sebagai Senior Recovery Mgr. Asset Mgmt. & Disposal Dept.

  •  Menjabat sebagai Group Head IBCMS Group Bank Mandiri dan Chief Executive Bank Mandiri (Europe) Ltd. (BMEL) 

Oni Febriarto R.
Direktur

Oni Febriarto Rahardjo, 46 tahun. Diangkat sebagai Direktur PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (Bank BTN) pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Bank BTN tanggal 24 Maret 2015 dan dinyatakan efektif oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tanggal 19 Mei 2015

Riwayat Pendidikan dan Pelatihan

  • Jenjang Pendidikan:
    • Meraih gelar Magister Manajemen dari Sekolah Tinggi Manajemen PPM pada tahun 1996

  • Sejumlah Program Pelatihan Diantaranya: 
    • ASEAN Global Leadership Program di Berkeley tahun 2016

    • Certified Risk Management Level 5 pada tahun 2015

    • Sekolah Staff dan Pimpinan Bank (SESPIBANK) Angkatan 60 oleh LPPI pada tahun 2014

    • Program Kunjungan Kerja Housing Development Finance Corporation di India pada tahun 2010

    • Smart Merger and Acquisition oleh Indonesian risk Professional Association (IRPA) pada tahun 2008

Perjalanan Karir

Sebelum menjabat sebagai Direktur Bank BTN, beliau pernah menduduki Posisi Sebagai Berikut :

  • Menjabat sebagai Small & Micro Lending Division Head

R. Mahelan Prabantarikso
Direktur

R. Mahelan Prabantarikso, 48 tahun. Diangkat sebagai Direktur PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (Bank BTN) pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Bank BTN tanggal 17 Maret 2017

*) Diangkat sebagai Direktur PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk berdasarkan hasil keputusan RUPS Tahunan Perseroan tanggal 17 Maret 2017 dan berlaku efektif setelah mendapatkan persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atas penilaian kemampuan dan kepatutan (Fit and Proper Test) dan memenuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku

Riwayat Pendidikan dan Pelatihan

  • Jenjang Pendidikan:
    • Meraih gelar Doktor Manajemen Sumber Daya Manusia dari Institut Pertanian Bogor, Bogor pada tahun 2017

  • Sejumlah Program Pelatihan Diantaranya: 
    • To be Top 50 Team Asean CG Scorecard di Batam tahun 2016

    • Sosialisasi AFI KPKU BTN Senior Leader di Jakarta tahun 2016

    • Interest Rate Risk in Banking Book di Jakarta tahun 2015

    • Seminar Strategi Industri Perbankan di Jakarta tahun 2015

Perjalanan Karir

Sebelum menjabat sebagai Direktur Bank BTN, beliau pernah menduduki Posisi Sebagai Berikut :

  • Menjabat sebagai Kepala Strategic Innovation & Performance Division, Bank BTN (2015 – 2017)

  • Menjabat Sebagai  Kepala Change Management Office, Bank BTN (2013 – 2015)

  • Menjabat Sebagai  Superitendent Human Capital Projects, Bank BTN (2012 – 2013)

Nixon L.P. Napitupulu
Direktur

Nixon L.P. Napitupulu, 48 tahun. Diangkat sebagai Direktur PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (Bank BTN) pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Bank BTN tanggal 17 Maret 2017

*) Diangkat sebagai Direktur PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk berdasarkan hasil keputusan RUPS Tahunan Perseroan tanggal 17 Maret 2017 dan berlaku efektif setelah mendapatkan persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atas penilaian kemampuan dan kepatutan (Fit and Proper Test) dan memenuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Riwayat Pendidikan dan Pelatihan

  • Jenjang Pendidikan:
    • Meraih gelar Sarjana Ekonomi, Universitas Sumatera Utara, Medan pada tahun 1994

  • Sejumlah Program Pelatihan Diantaranya: 
    • Refreshment Management Risiko level 4 di Jakarta tahun 2017

    • Refreshment Sound Practice in Bank Management Using Risk Based Bank Rating (RBBR) di Denpasar tahun 2016

Perjalanan Karir

Sebelum menjabat sebagai Direktur Bank BTN, beliau pernah menduduki Posisi Sebagai Berikut :

  • Menjabat Sebagai   Direktur Utama PT Bank Mandiri Taspen Pos (2015 – 2017)

  • Menjabat Sebagai Head of Tim Transisi Bank Joint Venture PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (2015)

  • Menjabat Sebagai  Head of Priority Project Bank Joint Venture PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (2014 – 2015)

  • Menjabat Sebagai  Group Head Corporate Secretary Group PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (2013-2014)

Budi Satria
Direktur

Budi Satria, 54 tahun. Diangkat sebagai Direktur PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (Bank BTN) pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Bank BTN tanggal 17 Maret 2017

*) Diangkat sebagai Direktur PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk berdasarkan hasil keputusan RUPS Tahunan Perseroan tanggal 17 Maret 2017 dan berlaku efektif setelah mendapatkan persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atas penilaian kemampuan dan kepatutan (Fit and Proper Test) dan memenuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Riwayat Pendidikan dan Pelatihan

  • Jenjang Pendidikan:
    • Meraih gelar Sarjana Manajemen, Universitas Indonesia, Jakarta pada tahun 2001

  • Sejumlah Program Pelatihan Diantaranya: 
    • Public Course Dalam Negeri Materi Marketing, Jakarta tahun 2014

    • Matrikulasi dan Help Session Manajemen Risiko level 4 Jakarta tahun 2012

    • Assistant Vice President Development Program (AVPDP) Jakarta tahun 2012

Perjalanan Karir

Sebelum menjabat sebagai Direktur Bank BTN, beliau pernah menduduki Posisi Sebagai Berikut :

  • Menjabat Sebagai Pemimpin Wilayah Jakarta PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (2015 – 2017)

  • Menjabat Sebagai Corporate Secretary PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (2014 – 2015)

  • Menjabat Sebagai Pemimpin Kantor Wilayah Palembang PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (2012 – 2014)

Dasuki Amsir
Direktur

Dasuki Amsir, 55 tahun. Diangkat sebagai Direktur Distribution & Network Bank BTN pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa Bank BTN tanggal 28 Desember 2017

*) Diangkat sebagai Direktur Distribution & Network PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (Perseroan) berdasarkan hasil keputusan RUPS Luar Biasa Perseroan tanggal 28 Desember 2018 dan berlaku efektif setelah mendapatkan persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atas penilaian Kemampuan dan Kepatutan (Fit and Proper Test) dan memenuhi Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

Riwayat Pendidikan dan Pelatihan

  • Jenjang Pendidikan:
    • Meraih gelar Magister Management dari Universitas Gajah Mada pada tahun 2009

  • Sejumlah Program Pelatihan Diantaranya: 
    • Refreshment Training KPKU BUMN for Executive Bank BNI (2015)

    • Human Capital Awareness, Bank BNI (2015)

    • Advanced Managing Performance, Bank BNI (2014)

    • Sertifikasi Uji Kompetensi Manajemen Risiko Level 4, LSPP & BNSP (2012) 

Perjalanan Karir

Sebelum menjabat sebagai Direktur Bank BTN, beliau pernah menduduki Posisi Sebagai Berikut :

  • Menjabat sebagai Direktur Utama Holding PT Perkebunan Nusantara III (Persero) (April – Desember 2017)
  • Menjabat sebagai Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara IV (2016 – 2017)
  • Menjabat sebagai Direktur Keuangan PT Perkebunan Nusantara IV  (2015 – 2016)
  • Menjabat sebagai Pimpinan Divisi Commercial Remedial PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (Jan 2015 – Okt 2015)
Yossi Istanto
Direktur

Yossi Istanto, diangkat sebagai Direktur PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (Bank BTN)

*) Diangkat sebagai Komisaris Independen PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk dan berlaku efektif setelah mendapatkan persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atas penilaian kemampuan dan kepatutan (Fit and Proper Test) dan memenuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Riwayat Pendidikan dan Pelatihan

  • Jenjang Pendidikan:
    •  Meraih Gelar Sarjana di bidang Ilmu Hukum dari Universitas Sebelas Maret pada tahun 1996

    • Meraih Gelar Doctor di bidang Ilmu Hukum./ Hukum Bisnis dari Universitas Katolik Parahyangan tahun 200

  • Sejumlah Program Pelatihan Diantaranya: 
    • Refreshment UKMR Level 4 (LSPP) di Jakarta tahun 2017

    • Seminar Penilaian Mutual Review APU-PPT di Jakarta tahun 2017

    • Studi Banding Perbankan di Spanyol tahun 2015

    • Training LN Lendin From Within di AGSM UNSW Business tahun 2016

Perjalanan Karir

Sebelum menjabat sebagai Direktur Bank BTN, beliau pernah menduduki Posisi Sebagai Berikut :

  • Legal Division Head di Bank BTN Kantor Pusat  (Maret 2017 – Maret 2018)
  • Legal & Loan Document Desk Head di Bank BTN Kantor Pusat  (April 2014  – Maret 2017)
  • Legal Litigation and Non Litigation Department Head di Bank BTN Kantor Pusat  (Juli 2013 – April 2014)
  • Senior Legal Litigation di Bank BTN Kantor Pusat  (Januari 2011 – Juli 2013)


Andi Nirwoto
Direktur

Andi Nirwoto, Diangkat sebagai Direktur PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (Bank BTN)

*) Diangkat sebagai Komisaris Independen PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk dan berlaku efektif setelah mendapatkan persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atas penilaian kemampuan dan kepatutan (Fit and Proper Test) dan memenuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Riwayat Pendidikan dan Pelatihan

  • Jenjang Pendidikan:
    • Meraih Gelar Sajana Teknik dari Universitas Gadjah Mada pada tahun 1994

    • Meraih Gelar Doctor Finance dari Universitas Gadjah Mada/ University of Lexington Kentucky, USA pada tahun 1997

  • Sejumlah Program Pelatihan Diantaranya: 
    • New Technology for Banking High Availability for Banking High Availability Infras di Beijing dan Tokyo tahun 2017

    • Information Technology Infrastructure Library (ITIL) di Jakarta tahun 2017

    • Security – Anticipate : Secure The Next Year di Singapore tahun 2016

    • Winning Digital di Hongkong tahun 2014

Perjalanan Karir

Sebelum menjabat sebagai Direktur Bank BTN, beliau pernah menduduki Posisi Sebagai Berikut :

  • Menjabat Sebagai General Manager Operation al Teknologi Informasi di BNI (July 2017 – Maret 2018)
  • Menjabat Sebagai General Manager Divisi Solusi & Security TI di BNI (November 2015 – July 2017)
  • Menjabat Sebagai General Manager Divisi Teknologi Informasi di BNI (Oktober 2014 – November 2015)

Sekretaris Perusahaan

Agus Susanto
Sekretaris Perusahaan

55 tahun, menjabat sebagai Sekretaris Perusahaan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk efektif sejak tanggal 14 Juni 2017

Riwayat Pendidikan dan Pelatihan

  • Jenjang Pendidikan:
    • Meraih gelar sarjana Ekonomi dari Universitas Muhammadiyah Palembang tahun 1990

  • Sejumlah Program Pelatihan Diantaranya: 
    • Pelatihan Transaksi Jual Beli Valas di Semarang (2017)

    • Sosialisasi Implementasi Kebijakan Perkreditan di Jakarta, Training Financial Planning BM di Jakarta (2016)

    • Pelatihan dan Sosialisasi Budaya Perusahaan Bank BTN di Jakarta (2015)

    • Sertifikasi Manajemen Risiko Perbankan level 3 di Jakarta (2014)

    • Manager Development Program di Jakarta (2011)

    • Pelatihan Pengadaan Barang dan Jasa di Jakarta (2010)

    • Pelatihan KYC dan Money Laundering di Jakarta (2002)

    • Kursus Dana Pensiun di Jakarta (1990) dan sejumlah seminar dan pelatihan lainnya

Perjalanan Karir

Sebelum menjabat sebagai Sekretaris Perusahaan Bank BTN, beliau pernah menduduki Posisi Sebagai Berikut :

  • Menjabat Sebagai Kepala Bank BTN kantor cabang Semarang (2016) dan Kepala Bank BTN kantor cabang Bekasi (2017)

  • Menjabat sebagai Kepala Bank BTN kantor cabang Denpasar (2015)

  • Menjabat Sebagai Kepala Bank BTN kantor cabang Mataram (2013)

  • Memulai karir di PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk sejak tahun 1991, dan pernah menjabat sebagai Mortgage & Consumer Lending Regional II

Auditor

Triani Pudjiastuti
Audit Internal

55 tahun, saat ini menjabat sebagai Kepala Internal Audit Division PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Diangkat sebagai Kepala Auditor Internal efektif sejak tanggal 13 November 2017 berdasarkan Surat Keputusan Direksi No. 612/DIR/2017 tanggal 07 November 2017 tentang Rotasi/Promosi Pegawai

Riwayat Pendidikan dan Pelatihan

  • Jenjang Pendidikan:
    • Meraih gelar sarjana  Ekonomi dari Universitas Gajah Mada, Yogyakarta tahun 1985

  • Sejumlah Program Pelatihan Diantaranya: 
    • Workshop Implementasi Akuntansi Aset yang diselenggarakan oleh PT Barka Cahaya Mediatama di Jakarta pada tahun 2017

    • Pelatihan Akuntansi Aset (PSAK & ISAK) yang diselenggarakan oleh Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI), Jakarta pada tahun 2017

    • Developing The Strategic Manager 2 yang diselenggarakan oleh AGSM UNSW business School, Australia pada tahun 2016

Perjalanan Karir

Sebelum menjabat sebagai Audit Internal Bank BTN, beliau pernah menduduki Posisi Sebagai Berikut :

  • Memulai karir di PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk sejak tahun 1986 dan jabatan sebelumnya adalah sebagai Kepala Finance & Accounting Division (2011- 2017)

Purwantono Suherman Surja – Ernst & Young
Auditor Eksternal

Silahkan Download

 

Komite Audit

Kamaruddin Sjam
Ketua

Kamaruddin Sjam, 70 tahun. Diangkat sebagai Komisaris Independen PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (Bank BTN) pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Bank BTN tanggal 24 Maret 2015 dan dinyatakan efektif oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tanggal 29 Juni 2015. 

Riwayat Pendidikan dan Pelatihan

  • Jenjang Pendidikan:
    • Meraih Gelar Magister Manajemen (MM) dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI, Jakarta pada tahun 1997

  • Sejumlah Program Pelatihan Diantaranya: 
    • Benchmarking and Workshop Enterprise Risk Management in UK di London, UK pada April 2016
    • Enhancing the Power of Enterprise Risk Management in Creating a Sound Bank and Financial Risk Integration di Stockholm, Swedia pada September 2016
    • ECIIA European Conference Paris France & On Site Learning pada September 2015
    • Seminar National IIA Conference pada Agustus 2015
       

Perjalanan Karir

Sebelum menjabat sebagai Komisaris Independen Bank BTN, beliau pernah menduduki Posisi Sebagai Berikut :

  • Menjabat sebagai strategis diantaranya Anggota Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat
  • Menjabat sebagai Direktur Pengawasan Instansi di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan
I Wayan Agus Mertayasa
Anggota

I Wayan Agus Mertayasa, 69 tahun. Diangkat sebagai Komisaris Utama/Independen PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (Bank BTN) pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Bank BTN tanggal 7 Januari 2016 dan dinyatakan efektif oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tanggal 6 April 2016

Riwayat Pendidikan dan Pelatihan

  • Jenjang Pendidikan:
    • Meraih gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Brawijaya, Malang pada tahun 1973
  • Sejumlah Program Pelatihan Diantaranya: 
    • London Business School dan SRW & Co di London, UK pada September 2016
    • Global Strategic Management (Harvard Business School) di Boston, USA pada bulan Juni 2009
    • New Solutions (Harvard Business School) di Boston, USA pada bulan Juli 2008Changing The Game Negotiation & Competitive Decision (Harvard Business School) di Boston, USA pada bulan Agustus 2003
    • Serta beberapa advance management development dalam bidang finance dan legal di Hongkong, Singapore, New York dan Champaign Urbana Illinois USA

Perjalanan Karir

Sebelum menjabat sebagai Komisaris Utama Bank BTN, beliau pernah menduduki Posisi Sebagai Berikut :

  • Menjabat sebagai General Manager Bank Bumi Daya Los Angeles Agency (USA) (1991-1992)
  • Menjabat sebagai Chief Executive Bumi Daya Finance Hong kong (1992-1993)
  • Menjabat sebagai General Manager Bank Bumi Daya New York (1993-1994)
  • Menjabat sebagai Direktur Bank Pembangunan Indonesia (1994-1999), EVP /& Direktur PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (1999-2005)
  • Menjabat sebagai Wakil Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (2005-2010)
  • Menjabat sebagai Chairman Non Executive Director, Bank Mandiri (Europe) Limited, London UK (2010-2015)
Garuda Wiko
Anggota

Garuda Wiko, 52 tahun. Diangkat sebagai Komisaris Independen PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (Bank BTN) pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Bank BTN tanggal 17 Maret 2017

*) Diangkat sebagai Komisaris Independen PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk berdasarkan hasil keputusan RUPS Tahunan Perseroan tanggal 17 Maret 2017 dan berlaku efektif setelah mendapatkan persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atas penilaian kemampuan dan kepatutan (Fit and Proper Test) dan memenuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Riwayat Pendidikan dan Pelatihan

  • Jenjang Pendidikan:
    • Meraih gelar Doktor di bidang Ilmu Hukum dari Universitas Diponegoro pada tahun 2006

    •  Bachelor Doctor in Legal from the University of Diponegoro in 2006

  • Sejumlah Program Pelatihan Diantaranya: 
    • Arbitration Workshop in Construction di Jakarta tahun 2008

    • Lokakarya dan Penelitian Studi Hukum Kritis & Pluralisme Hukum di Pontianak tahun 2004 

Perjalanan Karir

Sebelum menjabat sebagai Komisaris Independen* Bank BTN, beliau pernah menduduki Posisi Sebagai Berikut :

  • Saat ini beliau menjabat sebagai Dosen Program Magister Management Universitas Tanjungpura (2008 – sekarang) 

  • Anggota Senat Institut Agama Islam Negeri Pontianak, dan Guru Besar Jurusan Syariah (2010 – sekarang)

Sondang Gayatri
Anggota Komite Audit

57 tahun, diangkat sebagai Anggota Komite Audit PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk efektif sejak tanggal 26 September 2013 berdasarkan Surat Keputusan Direksi No. 507/DIR/2015 tanggal 4 September 2015 tentang Perubahan Susunan Keanggotaan Komite Audit PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. 

Riwayat Pendidikan dan Pelatihan

  • Jenjang Pendidikan:
    • Meraih gelar Sarjana Ekonomi Management tahun 1983

  • Sejumlah Program Pelatihan Diantaranya: 
    • Sertifikasi Uji Kompetensi Manajemen Risiko (tingkat 4),

    • LSPP & BNSP tahun 2012,

    • Sertifikasi SONDANG GAYATRI 4st International (CWMA and IBI) tahun 2011

Perjalanan Karir

Sebelum menjabat sebagai Audit Internal Bank BTN, beliau pernah menduduki Posisi Sebagai Berikut :

  • Menjabat Sebagai CEO Region Wilayah 15 Bank BNI Jakarta Kemayoran (2010-2013),

  • Menjabat Sebagai pemimpin BNI Kantor Cabang Utama Bandung

Rachmat Supratman
Anggota

Komite Pemantau Resiko

Arie Coerniadi
Ketua

Arie Coerniadi, 49 tahun. Diangkat sebagai Komisaris Independen PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (Bank BTN) pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Bank BTN tanggal 24 Maret 2015 dan dinyatakan efektif oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tanggal 29 Juni 2015

Riwayat Pendidikan dan Pelatihan

  • Jenjang Pendidikan:
    • Meraih gelar Sarjana Teknik Elektro dari Universitas Indonesia pada tahun 1991

  • Sejumlah Program Pelatihan Diantaranya: 
    • Mobile World Congress
    • Untuk Solusi Mobile Payment dan Mobile Banking Termasuk Mobile Ekyc pada Februari 2016 di Barcelona, Spanyol
    • CEnhancing the Power of Enterprise Risk Management in Creating a Sound Bank and Financial Risk Integration pada September 2016 di Stockholm, Swedia.
       

Perjalanan Karir

Sebelum menjabat sebagai Komisaris Independen Bank BTN, beliau pernah menduduki Posisi Sebagai Berikut :

  • Menjabat sebagai Vice President di NISP Sekuritas
  • Menjabat sebagai  Group Head Vice President di Badan Penyehatan Perbankan Nasional
  • Menjabat sebagai Vice President di Kustodian Sentral Efek Indonesia
  • Saat ini, beliau juga menjabat sebagai Chief Finance Officer di Sarana Global Indonesia sejak tahun 2011
I Wayan Agus Mertayasa
Anggota

I Wayan Agus Mertayasa, 69 tahun. Diangkat sebagai Komisaris Utama/Independen PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (Bank BTN) pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Bank BTN tanggal 7 Januari 2016 dan dinyatakan efektif oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tanggal 6 April 2016

Riwayat Pendidikan dan Pelatihan

  • Jenjang Pendidikan:
    • Meraih gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Brawijaya, Malang pada tahun 1973
  • Sejumlah Program Pelatihan Diantaranya: 
    • London Business School dan SRW & Co di London, UK pada September 2016
    • Global Strategic Management (Harvard Business School) di Boston, USA pada bulan Juni 2009
    • New Solutions (Harvard Business School) di Boston, USA pada bulan Juli 2008Changing The Game Negotiation & Competitive Decision (Harvard Business School) di Boston, USA pada bulan Agustus 2003
    • Serta beberapa advance management development dalam bidang finance dan legal di Hongkong, Singapore, New York dan Champaign Urbana Illinois USA

Perjalanan Karir

Sebelum menjabat sebagai Komisaris Utama Bank BTN, beliau pernah menduduki Posisi Sebagai Berikut :

  • Menjabat sebagai General Manager Bank Bumi Daya Los Angeles Agency (USA) (1991-1992)
  • Menjabat sebagai Chief Executive Bumi Daya Finance Hong kong (1992-1993)
  • Menjabat sebagai General Manager Bank Bumi Daya New York (1993-1994)
  • Menjabat sebagai Direktur Bank Pembangunan Indonesia (1994-1999), EVP /& Direktur PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (1999-2005)
  • Menjabat sebagai Wakil Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (2005-2010)
  • Menjabat sebagai Chairman Non Executive Director, Bank Mandiri (Europe) Limited, London UK (2010-2015)
Heru Ratna Azimada
Anggota
Yuki Noviani Kohar
Anggota

Komite Remunerasi dan Nominasi

I Wayan Agus Mertayasa
Ketua

I Wayan Agus Mertayasa, 69 tahun. Diangkat sebagai Komisaris Utama/Independen PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (Bank BTN) pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Bank BTN tanggal 7 Januari 2016 dan dinyatakan efektif oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tanggal 6 April 2016

Riwayat Pendidikan dan Pelatihan

  • Jenjang Pendidikan:
    • Meraih gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Brawijaya, Malang pada tahun 1973
  • Sejumlah Program Pelatihan Diantaranya: 
    • London Business School dan SRW & Co di London, UK pada September 2016
    • Global Strategic Management (Harvard Business School) di Boston, USA pada bulan Juni 2009
    • New Solutions (Harvard Business School) di Boston, USA pada bulan Juli 2008Changing The Game Negotiation & Competitive Decision (Harvard Business School) di Boston, USA pada bulan Agustus 2003
    • Serta beberapa advance management development dalam bidang finance dan legal di Hongkong, Singapore, New York dan Champaign Urbana Illinois USA

Perjalanan Karir

Sebelum menjabat sebagai Komisaris Utama Bank BTN, beliau pernah menduduki Posisi Sebagai Berikut :

  • Menjabat sebagai General Manager Bank Bumi Daya Los Angeles Agency (USA) (1991-1992)
  • Menjabat sebagai Chief Executive Bumi Daya Finance Hong kong (1992-1993)
  • Menjabat sebagai General Manager Bank Bumi Daya New York (1993-1994)
  • Menjabat sebagai Direktur Bank Pembangunan Indonesia (1994-1999), EVP /& Direktur PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (1999-2005)
  • Menjabat sebagai Wakil Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (2005-2010)
  • Menjabat sebagai Chairman Non Executive Director, Bank Mandiri (Europe) Limited, London UK (2010-2015)
Arie Coerniadi
Anggota

Arie Coerniadi, 49 tahun. Diangkat sebagai Komisaris Independen PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (Bank BTN) pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Bank BTN tanggal 24 Maret 2015 dan dinyatakan efektif oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tanggal 29 Juni 2015

Riwayat Pendidikan dan Pelatihan

  • Jenjang Pendidikan:
    • Meraih gelar Sarjana Teknik Elektro dari Universitas Indonesia pada tahun 1991

  • Sejumlah Program Pelatihan Diantaranya: 
    • Mobile World Congress
    • Untuk Solusi Mobile Payment dan Mobile Banking Termasuk Mobile Ekyc pada Februari 2016 di Barcelona, Spanyol
    • CEnhancing the Power of Enterprise Risk Management in Creating a Sound Bank and Financial Risk Integration pada September 2016 di Stockholm, Swedia.
       

Perjalanan Karir

Sebelum menjabat sebagai Komisaris Independen Bank BTN, beliau pernah menduduki Posisi Sebagai Berikut :

  • Menjabat sebagai Vice President di NISP Sekuritas
  • Menjabat sebagai  Group Head Vice President di Badan Penyehatan Perbankan Nasional
  • Menjabat sebagai Vice President di Kustodian Sentral Efek Indonesia
  • Saat ini, beliau juga menjabat sebagai Chief Finance Officer di Sarana Global Indonesia sejak tahun 2011
Kamaruddin Sjam
Anggota

Kamaruddin Sjam, 70 tahun. Diangkat sebagai Komisaris Independen PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (Bank BTN) pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Bank BTN tanggal 24 Maret 2015 dan dinyatakan efektif oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tanggal 29 Juni 2015. 

Riwayat Pendidikan dan Pelatihan

  • Jenjang Pendidikan:
    • Meraih Gelar Magister Manajemen (MM) dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI, Jakarta pada tahun 1997

  • Sejumlah Program Pelatihan Diantaranya: 
    • Benchmarking and Workshop Enterprise Risk Management in UK di London, UK pada April 2016
    • Enhancing the Power of Enterprise Risk Management in Creating a Sound Bank and Financial Risk Integration di Stockholm, Swedia pada September 2016
    • ECIIA European Conference Paris France & On Site Learning pada September 2015
    • Seminar National IIA Conference pada Agustus 2015
       

Perjalanan Karir

Sebelum menjabat sebagai Komisaris Independen Bank BTN, beliau pernah menduduki Posisi Sebagai Berikut :

  • Menjabat sebagai strategis diantaranya Anggota Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat
  • Menjabat sebagai Direktur Pengawasan Instansi di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan
Maurin Sitorus
Anggota

Maurin Sitorus, 60 tahun. Diangkat sebagai Komisaris PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (Bank BTN) pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Bank BTN tanggal 7 Januari 2016 dan dinyatakan efektif oleh Otoritas Jasa Keuangan pada tanggal 6 Juni 2016

Riwayat Pendidikan dan Pelatihan

  • Jenjang Pendidikan:
    • Meraih gelar Master Doctor of Philosophy (Ph.D) in Monetary and International Economics dari University of Kentucky, Lexington, USA pada tahun 1994

  • Sejumlah Program Pelatihan Diantaranya: 
    • a Impact Evaluation and Use of Monitoring & Evaluation in Performanced Based Planning Budgeting pada tahun 2010 di Shanghai, Cina

    • Economic Development Strategy and Market pada tahun 2002 di Jepang dan Korea Selatan

    • Macro Economic Modeling pada tahun 2002 di Denhaag, Netherlands

Perjalanan Karir

Sebelum menjabat sebagai Komisaris Bank BTN, beliau pernah menduduki Posisi Sebagai Berikut :

  • Saat ini menjabat sebagai Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum

  • Menjabat Sebagai sekretaris Ditjen Pengelolaan Utang, Ditjen Pengelolaan Utang, Kementerian Keuangan RI pada tahun 2014

  • Menjabat Sebagai kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bengkulu, Ditjen Perbendaharaan, Kementerian Keuangan RI

I Nengah Rentaya
Anggota
Eko Waluyo
Anggota

Struktur Organisasi

Identitas Perusahaan

Identitas mencerminkan kepribadian sebuah perusahaan dan dari sinilah karakteristik perusahaan tercipta

 

Konfigurasi Primer:

 

download

 

Konfigurasi Sekunder:

 

download

Konfigurasi Sekunder 2:

 

 

 

download